December 11, 2020 2 min to read

YANG BISA KAMU LAKUKAN DI MOSKOW SAAT LIBUR NATAL

Category : Culinary, Destination, Holiday

Ada yang berbeda dalam perayaan Natal di negeri tirai besi, Rusia. Berbeda dengan umat Kristiani di penjuru dunia lain yang merayakan di tanggal 25 Desember tiap tahunnya, masyarakat Rusia justru merayakan hari Natal pada tanggal 7 Januari. Itu karena mayoritas penduduk Rusia menganut agama Kristen Orthodox yang masih menggunakan perhitungan kalender Julius (Julian Calendar). Walaupun begitu, mereka tetap merayakan malam Natal dengan meriah di bulan Desember, meski tanpa acara keagamaan. Para keluarga tetap berkumpul untuk makan bersama serta bertukar kado. Bagi masyarakat Rusia, hari Natal dan Tahun Baru merupakan hari libur yang sangat religius, sekaligus menjadi momen sakral untuk dihabiskan bersama keluarga.

Salah satu tempat perayaan meriah hari Natal di Rusia tentu saja berada di Moskow. Sebagai Ibukota, Moskow menjadi pusat bagi para pengunjung yang ingin merayakan Natal dengan beragam event serta kuliner untuk dicicipi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di Moskow saat menghabiskan libur Natal.

Mengunjungi Pasar Natal Bak Negeri Dongeng

Menjelang Natal, Red Square, alun-alun kota Moskow akan diubah menjadi sebuah pasar yang dihias sedemikian rupa. Berlatar Katedral Santo Basil dan tentu saja Landmark ikonik Red Square dengan bentuk dan kombinasi warna yang unik, tempat ini berubah layaknya di negeri dongeng. Belum lagi dengan pemandangan salju yang ditemani gemerlap cahaya dan dekorasi luar biasa.

Di pasar ini pengunjung tak hanya bisa berbelanja pernak-pernik Natal, kamu juga bisa mencoba berbagai wahana seperti komidi putar. Pasar Natal Moskow juga menghadirkan hiburan lain seperti penampilan tari-tarian tradisional khas Rusia. Ada pula kerajinan tangan kuno yang bisa kamu pelajari, dan tentu saja ragam kuliner yang wajib dicoba.

Bermain Seluncur Es

Hari Natal tentu saja identik dengan turunnya salju, begitu pula dengan Moskow. Masih berada di wilayah yang sama dengan pasar Natal, terdapat arena seluncur es yang bisa kamu coba secara gratis. Arena ini terletak di halaman sebuah bangunan pusat perbelanjaan terpopuler di Rusia. Dengan begitu, selain bermain seluncur es, kamu juga bisa berbelanja atau sekedar berkeliling sambil menikmati keindahan arsitektur bangunan khas Eropa.

Melihat Pertunjukan Balet di Zaryadye Park

Hal lain yang menjadi kegiatan wajib warga Moskow dalam menghabiskan libur Natal adalah menyaksikan ballet show di Zaryadye Hall, berlokasi di Taman Zaryadye (Zaryadye Park) yang berada tak jauh dari Red Square. Pengunjung bisa menikmati Schelkunchik Ballet Russia atau The Nutcracker yang menampilkan para pemain dengan tema dan busana berbeda dalam tarian balet yang dipadukan dengan pertunjukan opera. Pertunjukan ini juga menjadi pertunjukan balet paling terkenal di Rusia. Jadi, jangan lupa untuk datang kesini saat kamu berlibur di Moskow

Mencicipi Hidangan Khas Natal

Cara utama masyarakat Rusia Orthodox dalam merayakan Natal adalah dengan mengunjungi atau mengundang para kerabat untuk berkumpul dan menikmati hidangan khas Natal bersama-sama. Hidangan yang juga bisa kamu coba adalah Kutia, semangkuk bubur buah yang terbuat dari biji gandum dan dimasak hingga lunak, kemudian diberi topping buah-buahan kering atau kacang-kacangan. Untuk sausnya, biasanya ditambahkan madu sebagai pemanis alami.

Menemani makan malam mu, coba juga minuman khas dengan nama Vzvar atau yang dibaca dengan Uzvar. Minuman tradisional ini berbahan baku campuran buah kering dan rempah-rempah yang kemudian diseduh secara bersamaan. Buah kering yang biasa digunakan adalah kismis, purne, apel dan pir. Setelah diseduh, campurkan minuman dengan perasan lemon dan madu. Vzvar sangat cocok sebagai minuman yang menyehatkan sekaligus menghangatkan malam Natal mu.

Untuk dessert, cobalah Vatrushka, pai panggang yang diisi keju cottage serta potongan buah beri. Rasanya yang manis dipadu segarnya buah beri dijamin cocok menjadi penutup makan malammu di Moskow.

Leave a comment

Newsletter subscribe