September 4, 2018 2 min to read

Tour de Singkarak Hadir Kembali, Yuk Ikuti Kemeriahannya!

Category : Destination, Holiday

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak kembali digelar. Event tahunan yang digelar oleh Pemerintah Sumatera Barat bekerjasama dengan Persatuan Balap Sepeda Internasional (Unite Cycliste International), Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Sumbar, dan Amaury Sport Organization (ASO) yang juga menjadi penyelenggara Tour de France ini merupakan bagian dari program Wonderful Indonesia guna memperkenalkan keindahan alam Indonesia, dalam hal ini khususnya Sumatera Barat, ke dunia internasional.

Diselenggarakannya Tour de Singkarak 2018 ini juga tidak lepas dari kesuksesan yang diraih oleh event yang sama pada tahun lalu, dimana pada gelaran Tour de Singkarak 2017 jumlah pengunjung yang turut berpartisipasi mencapai 550 ribu orang! Tour de Singkarak 2018 yang rencananya akan digelar pada 5-14 September 2018 ini pun terasa semakin spesial karena telah memasuki gelaran ke-10.

Tour de Singkarak 2018 rencananya akan melewati 3 provinsi sekaligus, yakni Sumatera Barat, Jambi, dan Riau. Dalam gelaran Tour de Singkarak 2017, peserta harus melewati 9 etape yang sudah ditentukan. Kesembilan etape terebut meliputi Tanah Datar sepanjang 107 km, kemudian Painan, Sawahlunto dengan panjang 166 km.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalur Muara Sijunjung, Pulau Sijunjung sejauh 100 km, lalu Danau Singkarak, Payakumbuh sejauh 135 km, dan Lembah harau, Padang Panjang dengan jarak 101 km. Setelah itu, adalah jalur Solok, Padang Aro Solok sepanjang 140 km, yang kemudian dilanjutkan ke Pariaman, Pasaman barat sepanjang 157 km dan Padang Pariaman, Agam sejauh 101 km. Etape Tour de Singkarak pun berakhir di Pasaman, Bukit Tinggi dengan jarak tempuh 90 km.

Pada Tour de Singkarak 2018, ada usul dari Pemerintah Provinsi Jambi agar Sungai Penuh juga dimasukkan ke dalam salah satu etape dari turnamen balap sepeda internasional tersebut. Sungai Penuh sendiri merupakan wilayah di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Udara sejuk berlatarkan Gunung Kerinci dan perkebunan teh jadi ambience yang pastinya asyik untuk dinikmati.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, Tour de Singkarak merupakan ajang balap sepeda berskala internasional. Oleh karenanya, peserta yang berpartisipasi tidak hanya pebalap sepeda dari dalam negeri saja, melainkan juga dari mancanegara. Dengan diadakannya ajang Tour de Singkarak ini, tentu saja tidak hanya dimaksudkan untuk mendongkrak pariwisata Sumater Barat dan sekitarnya. Lebih dari itu, Tour de Singkarak diharapkan juga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Sumbar dan sekitarnya.

Nah, kamu yang hobi dengan olahraga sepeda tentu saja bisa memanfaatkan event ini, baik untuk menyalurkan hobi maupun sekedar berwisata menikmati keindahan Sumatera Barat. Keindahan itu sendiri tidak hanya terletak pada bentang alamnya saja, namun juga budayanya seperti rumah-rumah tradisional yang dapat ditemui di sepanjang jalur etape dari Tour de Singkarak ini.

Yuk, main-main ke Sumatera  Barat dan saksikan kemeriahan Tour de Singkarak 2018. Pesan tiket pesawat dan hotel untuk kamu menginap selama disana melalui via.id! Dengan berbagai promo menarik untuk tiket pesawat maupun kamar hotel, termasuk di Sumatera Barat, via.id pilihan terbaik untuk antarkan kamu menikmati pesona Sumatera Barat.

 

 

Pesan Tiketmu Disini!

 

Leave a comment

Newsletter subscribe