March 29, 2021 2 min to read

TANJUNG PUTING NATIONAL PARK DESTINASI EKOWISATA YANG INDAHI!

Category : Destination, Holiday

Taman Nasional Tanjung Putting terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. Tanjung Putting merupakan kawasan konservasi pertama yang ada di Indonesia untuk melindungi Orang Utan. Taman Nasional ini berdiri sejak tahun 1937 dengan nama Suaka Marga Satwa Sampit yang didirikan oleh pemerintah Belanda. Kemudian sekitar tahun 70-an berubah namanya menjadi Suaka Marga Satwa Tanjung Putting.

Memiliki Luas sekitar 300.040 Ha yang terdiri dari kawasan hutan produksi seluas 90.000 Ha dan kawasan perairan sekitar 25.000 Ha. Maka tidak heran jika Taman Nasional ini menjadi hidup banyak flora dan fauna.

Pergi liburan ke Kalimantan Tengah, tentu saja kalian tidak boleh melewatkan desinasi yang satu ini. Memiliki ukuran yang cukup luas membuat anda akan merasa puas saat berkeliling di kawasan yang satu ini. Memiliki berbagai ekosistem, mulai dari hutan hujan tropis, hutan tanah kering, dataran rendah hutan rawa air tawar, hutan pantai, hutan mangrove dan juga hutan sekunder. Berada di kawasan ini, membuat kalian tidak hanya berlibur dari penatnya aktifitas sehari-hari tapi kalian juga bisa belajar berbagai macam ekosisitem.

Berada di ketinggian 0-100 mdpl, maka kawasan ini merupakan tempat yang cocok sebagai rumah untuk beberapa hewan yang ada di Kalimantan. Sebut saja seperti Orang Utan, Lutung   Merah, Bekantan, Kancil, Beruang, Buaya, Babi Hutan dan juga Kucing Hutan. Tidak hanya itu saja, terdapat juga 38 jenis mamalia serta 200 jenis buurng yang mendiami kawasan ini. Selain itu, ada juga beberapa flora endemic dan hewan liar yang bisa kalian temukan di tempat satu ini.

Tanjung Puting Nasional Park, bukan hanya sebagai tempat untuk para floran dan fauna endemic Inodnesia tetapi juga merupakan kawasan rehabilitasi Orang Utan pertama yang ada di Indonesia. Kawasan ini merupakan habitat asli untuk Orang Utan yang ada di Kalimantan. Selama berada disini kalian bisa melihat secara langsung bagaimana kegiatan dari binatang mamalia ini. Mulai dari tingkah lakunya hingga ketika mereka makan.

Tempat ini merupakan konservasi Orang Utan terbesar yang ada didunia. Pasalnya terdapat sekitar 30 ribu hingga 40 ribu Orang Utan yang tersebar di dalam maupun luar Taman Nasional ini. Keindahan lainnya yang ada di kawasan ini adalah menyusuri Sungai Sekonyer yang luar biasa indahnya. Untuk memasuki daerah ini harus melalui pelabuhan yang berada di Kumai. Dengan menggunakan perahu klotok, maka kalian bisa memasuki area Taman Nasional Tanjung Putting. Jika beruntung, ketika berada disini maka sepanjang perjalanan yang dilalui dengan menggunakan perahu klotok kalian bisa melihat monyet yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Berkunjung ke Tanjung Puting National Park gak bakalan bikin kamu menyesal, susasana yang akan kamu dapatkan worth it banget! Tunggu apa lagi pesen tiketnya sekarang di Via Indonesia. Karena di Via Indonesai lagi ada paket liburan ke Tanjung Puting yang akan membawa kamu keliling-keliling menikmati indahnya ekowisata di Taman National Tanjung puting . Yuk! Jangan sampai ketinggalan! #CekViaAja

www.via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe