September 23, 2020 3 min to read

TAK HANYA HUTAN, INI DIA 5 DESTINASI WISATA MENARIK DI KALIMANTAN

Category : Destination, Holiday

Menjelajahi destinasi di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, tiap daerah di Indonesia pasti memiliki kekayaan wisata yang patut dikunjungi. Salah satu yang patut kamu eksplor lebih dalam adalah pulau Kalimantan. Pulau terbesar kedua di Indonesia yang dikabarkan akan menjadi ibukota selanjutnya ini memiliki 5 provinsi dengan wisata yang beragam. Mayoritas orang mungkin berpikir kalau Kalimantan hanya dipenuhi oleh hutan belantara. Namun jangan salah, diberi julukan pulau Borneo, ternyata pulau ini memiliki beberapa destinasi yang indah dan menawan. Yang pasti tidak kalah dengan destinasi wisata di Bali atau Lombok, lho. Berikut rekomendasinya.

Bukit Kelam, Kalimantan Barat

Bukit yang terletak di Kabupaten Sintang ini sebenarnya adalah sebuah batu. Dihiasi hamparan permadani hijau dengan hutan tropis di kiri kanan yang memagari ladang padi milik warga suku Dayak Borneo. Menurut ketua adat di Desa Kebong, bukit Kelam adalah batu yang diangkat oleh pemuda Dayak bernama Bujang Beji yang bertujuan menutup persimpangan antara Sungai Kapuas dan Melawi. Ada juga yang mengatakan bahwa bukit Kelam adalah meteor yang jatuh ke bumi pada masa lalu.

Terlepas dari berbagai mitos tersebut, bukit yang memiliki ketinggian 1002 mdpl dan luas sekitar 520 hektare ini diklaim sebagai batu monolit terbesar di dunia, mengalahkan Uluru atau Ayyers Rock di Australia. Kamu juga bisa mendaki bukit ini karena sudah tersedia tangga yang akan mempermudah.

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Ingin merasakan sensasi menyusuri sungai Amazon? Kamu bisa nih mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting untuk merasakan sensasi yang sama. Dengan luas yang hampir setara dengan Pulau Bali, yakni 415.040 hektare, Taman Tanjung Puting memiliki tiga lokasi konservasi orang utan di dalamnya, yaitu Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, dan Camp Leakey. Taman Nasional ini juga merupakan cagar biosfer yang ditetapkan oleh UNESCO. Selain orang utan, disini kamu bisa menemukan beruang, rusa, bekantan, kucing liar, macan tutul, kancil dan satwa lainnya. Untuk mencapai taman ini kamu akan menyusuri sungai Sekonyer yang berkelok-kelok dengan menaiki kapal kecil atau klotok.

Bukit Telang, Kalimantan Selatan

Untuk kamu penyuka trekking dengan pemandangan hijau, bukit Telang wajib untuk dikunjungi. Sejauh mata memandang, kamu agak disuguhkan panorama perbukitan yang tak kalah cantik dengan perbukitan di Sumba, NTT. Untuk mencapai titik tertinggi dari bukit ini, pengunjung harus trekking selama 30-60 menit melewati jalur setapak yang cukup menanjak dan menguras tenaga. Jangan lupa abadikan momen mu dengan latar lanskap perbukitan yang mempesona, ditambah cahaya matahari yang menyinari di pagi mau pun sore hari.

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Sebuah danau wisata yang terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau. Diberi nama danau cermin karena memiliki air yang sangat jernih, bahkan kamu bisa melihat dasar danau secara langsung. Uniknya lagi, permukaan air danau terasa asin dan bagian dasarnya terasa tawar. Karena itu masyarakat lokal juga menyebutnya dengan danau dua rasa. Kalau kesini, kamu wajib untuk berfoto di atas perahu, karena objek yang berdiri di atas permukaan danau akan terlihat ‘melayang’ akibat kejernihan air danau ini.  Jangan lupa juga untuk snorkeling, ya!

Air Terjun Semolon, Kalimantan Utara

Selain menjadi sumber air panas terbesar di Kabupaten Malinau, air terjun Semolon juga memiliki keunikan lainnya, air terjun ini tidak berbentuk layaknya air terjun pada umumnya namun mengalir ke sungai berbatu yang bentuknya seperti tangga bertingkat. Alhasil air terjun ini selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Selain karena bentuknya yang unik, air panas disini juga dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Meski kebenarannya masih dipertanyakan, yang pasti air terjun Semolon menjadi salah satu destinasi wisata air panas yang hits di Kecamatan Mentarang Desa Paking, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Vrens, itu dia 5 rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kalimantan. Kamu juga bisa menikmati promo paket wisata menarik, baik domestik maupun internasional hanya di via.com.

Lihat Promo Menarik Di Sini

 

Leave a comment

Newsletter subscribe