February 4, 2022 2 min to read

Sejarah MotoGP di Indonesia

Category : Destination, History, Holiday

Setelah 25 tahun absen digelar di Indonesia, akhirnya pada tahun 2022 balap MotoGP akan diselenggarakan kembali di Tanah Air. Tidak seperti dulu, kini sirkuit internasional teranyar dengan panorama alam eksotis dipilih menjadi tuan rumahnya. Ya, sirkuit itu ialah Sirkuit Internasional Mandalika. Meski begitu, Sirkuit Internasional Sentul tetap menyimpan banyak kenangan manis dan dapat dikatakan pijakan sempurna bagi Indonesia untuk go international dalam bidang motorsport.

Beragam Promo Menarik Bisa Kamu Temukan di Sini

Balap motor bertaraf internasional sendiri sudah diselenggarakan di jalanan, lapangan, hingga trek Eropa sejak 1900-an. Kemudian pada tahun 1949 lahirlah Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) yang menyelenggarakan balap motor kelas 125cc, 250cc, 350cc, 500cc, dan 600cc khusus motor dengan sespan. Momen itu pun disinyalir sebagai cikal bakal lahirnya MotoGP di dunia.

Di Indonesia balap motor begitu populer. Kepopulerannya beriringan dengan laku dan diminatinya sepeda motor di tanah air hingga kini. Sepeda motor dianggap sebagai kendaraan yang praktis dan dapat membantu mobilitas yang tinggi. Beragam acara atau gelaran balap nasional juga telah diselenggarakan sejak dulu.

Akhirnya, pada tahun 1993 Indonesia memiliki sirkuit internasionalnya sendiri. Sirkuit tersebut tak lain dan tak bukan adalah Sirkuit Internasional Sentul yang masih aktif menyelenggarakan balapan tingkat nasional hingga kini. Kendati awalnya ditujukan untuk balap mobil, sejatinya sirkuit ini memang dapat menyelenggarakan beragam balap otomotif lainnya.

Mau Beli Tiket Nonton MotoGP? Klik di Sini!

Pada tahun 1996 pun FIM akhirnya mau menyelenggarakan event balap MotoGP di Indonesia yang bertajuk Indonesian Grand Prix. Animo masyarakat begitu tinggi dengan dipenuhinya tribun penonton di penjuru Sirkuit Sentul. Setahun kemudian balap MotoGP kembali digelar di sana dengan sang legenda, Valentino Rossi, berhasil menjadi juara di kelas 125cc.

Entah apa yang menjadi alasan pasti, namun sejak tahun 1998 hingga 2021 balap MotoGP tak lagi diselenggarakan di Indonesia. Penikmatnya di Tanah Air pun hanya bisa menyaksikan lewat layar kaca atau ke negara-negara lain, seperti Malaysia, Qatar, serta negara-negara di Eropa. Padahal, seperti yang diketahui minat masyarakat terhadap balap motor internasional ini sangat tinggi dan Indonesia pun telah melahirkan beberapa nama pebalap yang moncer di gelaran internasional.

Penantian panjang itu pun kini mendapatkan angin segar. MotoGP akan kembali digelar di Indonesia. Lokasi penyelenggaraannya pun tidak main-main. Sirkuit bertaraf internasional baru yang dikelilingi alam cantik khas Indonesia dan fasilitas pendukung kelas premium dipilih menjadi lokasinya. Ya, Indonesian Grand Prix akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika pada 18—20 Maret 2022 mendatang!

Kamu bisa menyaksikan keseruannya secara langsung, Vrens! Ketahui detail informasi atau langsung pesan tiketnya dengan klik di sini.

Dapatkan Info Detil Tiket Nonton hingga Paket Nonton MotoGP di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe