March 30, 2021 1 min to read

Pulau Rinca Situs Warisan Dunia

Category : Destination, Holiday

Pulau Rinca merupakan salah satu jajaran pulau di Flores Barat yang menjadi habitat asli dari binatang purbakala Komodo. Kamu bisa mengunjungi Pulau Rinca dengan waktu 2 jam perjalanan dari Labuan Bajo. Sebagai habitat asli dari Komodo dan inti dari Taman Nasional Pulau Komodo, Pula Rinca dijaga dengan ketat oleh pemerintah. Pulau ini memiliki luas 190-an km. Meskipun binatang purbakala ini hidup di Pulau Rinca, namun hal tersebut tidak membuat penduduk sekitar takut. Setidaknya, terdapat 2 kampung yang memiliki penduduk kurang lebih 1000 orang di pulau ini.

Jarak antar Pulau Rinca dengan Pulau Komodo juga tidak berjauhan. Namun, ukuran Komodo yang berada di Pulau Komodo lebih besar dibandingkan ukuran Komodo yang beradara di Pulau Rinca. Komodo yang berada di Pulau Rinca pun memiliki sifat yang lebih ganas karena cuaca terik yang mendominasi dan di dominasi oleh padang savanah. Hal itulah mengapa sering terjadi kasus Ranger diserang Komodo di pulau ini. Meskipun luas Pulau Rinca lebih kecil dibandingkan dengan luas Pulau Komodo, populasi Komodo sekitar 1500-an akan mudah ditemui di Pulau Rinca dibandingkan dengan di Pulau Komodo.

Lokasi di Pulau Rinca ini sangat nyaman dijadikan sebagai tempat trekking yang tidak akan terlupakan. Tersedia juga pilihan jalur trekking yaitu mulai dari Trekking pendek, medium hingga yang panjanag. Kamu bebas menentukan sendiri pilihan rute tersebut, disesuaikan dengan kondisi fisik demi keselamatan dan meminimalisir resiko di lapangan nantinya. Di sepnajnag jalur trekking kamu juga akan ditemani oleh pemandangan indah berupa jajaran perbukitan dan hamparan laut biru. Bukit ini kana kering dan berwarna kuning di saat musim kemarau sedangkan akan berubah warna menjadi hijau di saat musim penghujan.

Berkunjung ke Pulau Rinca gak bakalan bikin kamu menyesal, susasana yang akan kamu dapatkan worth it banget! Tunggu apa lagi pesen tiketnya sekarang di Via Indonesia. Karena di Via Indonesai lagi ada paket Trip to Labuan Bajo yang akan membawa kamu keliling-keliling menikmati indahnya pulau-pulau di Nusa Tenggara Timur . Yuk! Jangan sampai ketinggalan! #CekViaAja

 

 

www.via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe