April 13, 2021 2 min to read

MENIKMATI SENSASI LIAR HUTAN AMAZON DI TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING

Category : Destination, Holiday

Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di semenanjung barat daya Kalimantan Tengah, di sebut sebagai Hutan Amazon-nya Indonesia. Memiliki luas lahan hingga 415 hektare, menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat mempesona.

Di dalamnya, Taman Nasional Tanjung Puting dibagi menjadi beberapa kawasan. Yaitu, hutan tropika dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan gambut, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan sekunder.

Dengan kondisi hutan yang masih rimbun dan asri, tidak heran jika kawasan ini menjadi rumah yang cukup nyaman bagi flora dan fauna. Adanya tumbuhan kantong semar menandakan hutan tersebut masih terjaga dengan baik. Juga ada beberapa jenis pohon seperti gaharu, keruing, ramin, ulin, meranti, dan lanan.

Sementara spesies binatang primata yang ada adalah Orang Utan dan bekantan. Taman Nasional ini menjadi wilayah konservasi Orang Utan terbesar di Dunia. Menurut catatan yang ada, sebanyak 40 ribu Orang Utan tersebar seantero kawasan Taman Nasional Tanjung Puting ini.

Binatang lainnya adalah beruang madu, babi janggut, lumba-lumba, dan pelanduk kancil. Buaya muara juga masih terjaga habitatnya. Ada juga labi-labi dan lebih dari 200 jenis burung.

Jika beruntung, kamu juga bisa melihat kecantikan Burung Sandang Lawe yang tercatat sebagai salah sati dari 20 burung langka di dunia.

Tidak hanya itu saja 5 aktivitas berikut wajib banget kamu lakukan ketika berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting. Apa saja?

  • Menelusuri sungai seperti di amazon

Tanjung Puting juga punya sungai yang mirip dengan Amazon lho. Orang-orang menamainya dengan Amazon-nya Indonesia. Sungai ini mengalir sepanjang 45 km, berkelok-kelok membelah belantara lebat dengan pohon-pohon yang tumbuh rapat.

 

Tapi, kamu juga harus tetap waspada jika menelusuri sungai tersebut. Karena, sungai itu adalah rumah bagi ratusan ekor buaya. Tetapi tang saja, kamu akan tetap aman jika mematuhi prosedur keselamatan dari pihak Taman Nasional.

 

  • Menelusuri sungai dengan kapal klotok

Untuk mencapai Tanjung Puting kamu harus menelusurinya dengan menggunakan transportasi kapal. Ya, kapal klotok namanya. Dengan kapal itu, kamu akan tinggal untul beberapa hari di sepanjang aliran sungai.

 

  • Sungai air cola

Aliran sungai sekonyer atau amazon-nya Indonesia memiliki warna air seperti minuman soda cocacola. Menyusuri sungai berair pekat ini bikin dada kamu berdesir. Karna, buaya selalu mengintip di balik air sungai itu.

 

  • Trekking untuk melihat Orang Utan

Kalau mau melihat habitat Orang Utan di sini, kamu harus berjalan kaki. Setelah turun dari kapal, kamu akan berjalan menelusuri hutan untuk melihat hewan tersebut.

Diketahui, Orang Utan yang berada di kawasan ini ternyata yang terbesar. Jumlahnya ada 6.000 Orang Utan berbagai jenis, dan serunya kamu dapat melihat langsung keberadaan mereka lho.

 

  • Melihat binatang buas

tidak hanya Orang Utan, kamu juga bisa bertemu dengan hewan buas. Ada babi hutan, macan, tapir dan lain-lain. Tak perlu khawatir jika melihat binatang tersebut, syaratnya cukup patuhi peraturan Taman saja.

 

 

www.via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe