March 31, 2021 1 min to read

Menelusuri jejak hewan purbakala di Pulau Komodo

Category : Destination, Holiday

Pulau Komodo adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia. Pulau Komodo terdiri dari 3 pulau besar, Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar dan juga pulau-pulau kecil lainnya. Luas Taman Nasional ini secara keseluruhan adalah 1.817Km2.

Pulau Komodo terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di Pulau Komodo, hewan Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik, menurut data, hingga pertengahan tahun 2009, pulau ini dihuni sekitar 1300 ekor Komodo (+/- 2500 ekor tersebar disemua Taman Nasional Pulau Komodo).

Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia, dengan panjang rata-rata 2-3 meter, dan memiliki berat tubuh sedikitnya 90kg. Taman Nasional yang terdiri dari pulau-pulau tentunya dipisahkan oleh laut. Kehidupan bawah laut disini pun tidak kalah indah. Kamu bisa menemukan 385 spesies karang indah, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu hijua, berbagai jenis hiu, dna ikan pari.

Saat berada disini, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Jadi pastikan kondisi kamu fit untuk berkeliling pulau ini karna saat berada disini kamu akan diajak untuk trekking mengikuti jalur yang telah dirancang dana man. Di Pulau Komodo, kamu harus mendaki Gunung Ara setinggi 538 m diatas permukaan laut selama 3 atau 4 jam.

Taman Nasional Pulau Komodo dinyatakan sebagai World Of Heritage  Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada tahun 1986. Komodo terpanjang yang pernah tercatat adalah 3,13 meter dengan bobot 166 kg. memiliki 60 buah gigi yang bergerigi tajam seoanjang sekitar 2,5 cm, yang kerap digant. Ukuran Komodo jantan lebih besar dari pada Komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah batu bata, sementara Komodo betina lebih berwarna hijau buah zaitun, dan memiliki potongan kecil kuning pada tenggorokannya. Komodo muda lebih berwarna , dengan warna kuning, hijau dan putih pada latar belakang hitam. Musim kawin dari hewan ini sendiri terjadi pada bulan Mei dan Agustus. Komodo betina akan mengandung telur selama sebulan, dan telur akan menetas dalam waktu 7-8 bulan. Komodo betina dapat bertelur hingga 13 butir.

Cuaca di Taman Nasional Pulau Komodo sangat panas dan lembab, oleh karna itu pastikan kamu membawa air minum agar tidak dehidrasi. Jangan pergi sendirian, pergilah bersama pemandu wisata atau petugas taman. Jangan mengganggu atau memberi makan Komodo. Meskipun gerakan Komodo lambat dan malas, hewan ini dapat tiba-tiba menjadi agresif dan bergerak dengan cepat.

 

 

www.via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe