June 9, 2021 1 min to read

Keunikan Bekantan di Taman Nasional Tanjung Puting

Category : Destination, History, Holiday

Sudah familier, kan, dengan Taman Nasional Tanjung Puting? Atau bahkan, sudah tidak sabar berkunjung ke sana? Tentu sudah mengenal hewan endemik yang ada di sana, ya? Tidak hanya orangutan, Vrens. Di Tanjung Puting juga ada primata endemik lainnya yang juga tak kalah unik dan cantik, yaitu bekantan!

Bekantan dikenal dengan monyet hidung mancung atau panjang dan dalam Bahasa Inggris disebut dengan proboscis monkey atau long-nosed monkey. Hewan yang dalam Bahasa latin bernama Nasalis larvatus ini berwajah sangat unik dengan hidungnya yang mancung. Bahkan, karena keunikan dan status endemiknya bekantan dijadikan maskot salah satu taman hiburan terbesar di Indonesia, yaitu Dunia Fantasi (Dufan) yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol-Jakarta.

Selain keunikan wajahnya dengan hidungnya yang mancung, hewan ini juga memiliki bulu warna cokelat muda yang sangat cantik. Tubuh sang jantan dapat mencapai 75 cm, sedangkan sang betina dapat mencapai 60 cm. Berat bekantan jantan bisa mencapai 24 kg dan betinanya dapat mencapai 12 kg. Bekantan juga memiliki ekor yang cukup panjang dan dapat membantunya berenang menyebrangi sungai.

Layaknya primata lainnya, bekantan juga memakan buah-buahan, dedaunan, dan biji-bijian. Selain itu, bekantan juga gemar bermain-main hingga tidur di dahan-dahan pohon yang rimbun. Jika beruntung, kamu dapat melihat kehebatan bekantan melompati satu pohon sampai ke pohon-pohon lainnya. Umumnya, bekantan akan hidup bersama induknya hingga usia 4—5 tahun.

Vrens, sayangnya bekantan hanya berada di Tanjung Puting dan menjadi hewan endemik di sana. Kenyataan yang lebih menyakitkan adalah keberadaannya sudah terancam punah akibat habitatnya yang terganggu oleh ulah tangan-tangan usil. Dengan alasan itulah Taman Nasional Tanjung Puting berada sebagai upaya konservasi bekantan, dan juga orangutan tentunya. Tenang, kamu dapat ikut berkontribusi menyelamatkan bekantan dan orangutan dengan berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting dan ikut melakukan kegiatan penanaman bibit-bibit tumbuhan yang berguna untuk menjaga lingkungan hidup serta memberikan pasokan makanan!

Yuk, mengenal bekantan dan orangutan lebih dekat melalui paket Tour Tanjung Puting, klik di sini!

Itinerary Tour Tanjung Puting

Leave a comment

Newsletter subscribe