March 15, 2019 2 min to read

Ini Dia 5 Sungai Menawan yang Ada di Indonesia

Category : Destination, Holiday

Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Terdapat destinasi-destinasi menarik yang patut dikunjungi seperti pantai, gunung, dan sungai. Salah satu tempat yang cukup diminati ialah sungai. Sungai merupakan aliran air dari hulu hingga hilir. Indonesia memang memiliki banyak sungai, namun sayangnya, banyak sungai yang tidak terawat. Eits, tenang, masih banyak kok sungai di Indonesia yang masih terawatt. Penasaran? Berikut daftarnya.

Foto: IDN Times

Sungai Niyama

Sungai pertama yang harus kamu kunjungi ialah Sungai Niyama. Sungai ini terletak di Tulungagung, Jawa Timur.  Sungai Niyama menjadi tempat wisata andalan di Tulungagung. Air yang berwarna biru, serta banyaknya pepohonan membuat wisatawan betah berlama-lama di sungai ini. Selain itu, di Sungai Niyama terdapat terowongan sejarah peninggalan tentara Jepang pada masa perang dulu. Namun, jangan pergi ke sungai ini ya pada saat hujan, karena volume air akan naik, berbahaya bagi keselamatanmu.

Sungai Maron

Sungai Maron, merupakan salah satu sugai terindah yang ada di Indonesia. Sungai ini dikenal dengan Sungai Amazonnya Indonesia. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kiri-kanan sungai terdapat banyak tumbuh pepohonan yang asri, seakan membawa kamu ke Sungai Amazon sungguhan. Selain itu, suasana yang hening ditambah dengan suara kicauan burung dan hewan lainnya membuat kamu lebih takjub ketika datang ke sungai ini.

Foto: traveltodayindonesia.com

Sungai Tambosari

Ingin melihat sungai terpendek di dunia? Coba datang ke Sungai Tambosari yang terletak di wilayah Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sungai Tambosari merupakan sungai terpendek di dunia. Namun begitu, sungai ini tetap menawarkan keindahannya yang luar biasa. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan sekitar sungai. Apalagi, Sungai Tambosari ini berbatasan langsung dengan pantai lepas. Suhu air di sungai ini juga cukup dingin.

Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Siapa yang tak tau dengan Goa Pindul? Goa Pindul merupakan tempat wisata favorit di Gunung Kidul, Jogjakarta. Ternyata, di balik keindahan Goa Pindul terdapat sungai yang menarik perhatian wisatawan.  Wisatawan sering menyebutnya Sungai bawah tanah Goa Pindul. Sungai ini memiliki panjang kurang lebih 300 meter dan lebar 5 meter. Untuk menikmati indahnya sungai ini, kamu bisa menyewa peralatan khusus seperti ban besar dan pelampung. Selain itu, kamu juga bisa berenang lho di sungai bawah goa bawah tanah ini.

Foto: Pesona.travel

Sungai Kampar

Kamu hobi berselancar? Silahkan datang ke Riau, eits tapi bukan laut lho ya, melainkan sungai, ya Sungai Kampar namanya. Sungai Kampar terletak di Desa Teluk Meranti, Pekanbaru, Riau.  Sungai ini cukup unik karena kamu bisa berselancar layaknya di laut lepas. Sungai Kampar memang mempunyai ombak yang besar, ombak tersebut dinamakan “Bono” oleh masyarakata setempat. Ombak tersebut memang cukup besar dan sangat memungkinkan bagi perselancar bisa menunjukan aksinya di sini.  Namun menurut berbagai info, ombak dapat dilihat hanya ketika bulan purnama datang.

Leave a comment

Newsletter subscribe