March 12, 2021 1 min to read

Hierapolis Kota Kuno yang Mempesona

Category : Destination, Holiday

Turki memiliki ragam destinasi wisata bersejarah yang cantik dan layak untuk dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Salah satu yang paling menarik adalah Hierapolis sebuah kota kuno di Turki yang memiliki pesona sangat indah. Jika berkunjung ke Turki, jangan sampai terlewatkan ke tempat yang satu ini. Ditempat ini kita akan dibawa untuk merasakan keindahan dan keunikan yang bisa mmebuat kita serasa di dunia lain.

Hierapolis merupakan sebuah reruntuhan kota tua zaman Romawi kuno yang dibangun pada abad ke-2 SM. Di zaman Romawi kuno daerah ini begitu ramai dengan berbagai bangunan besar yang didirikan. Mulai dari coloseum Romawi, pasar, pemukiman penduduk hingga pemandian untuk rakyat Romawi. Kemegahannya masih bisa disaksikan sampai saat ini, meski beberapa sudah ada yang runtuh akibat diterjang beberapa kali gempa besar. Hierapolis terletak di mata air panas di Phrygia klasik, barat daya Anatolia Provinsi Denizli, Turki dan telah ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 1988 sebagai World Heritage Sites yang harus dilindungi.  

Hierapolis, disebut sebagai “Kota Suci” yang terletak di Pamukkale, sekitar 20 km sebelah utara Denizli. Pada awal abad ke-3 SM, sebuah kuil dibangun oleh orang Phrygia di lokasi tersebut yang didedikasikan untuk Hieron. Lokasi pembangunan kuil ini kemudian menjelma menjadi Hierapolis. Pada abad ke-2 SM, Hierapolis berkembang menjadi tempat pemandian yang dipersembahkan untuk Raja Pergamon, Eumenes II. Asal nama Hierapolis masih diperdebatkan. Sebagian orang percaya bahwa nama Hierapolis diambil dari kuil Hieron yang didirikan di tempat tersebut. Sebagian lain berpendapat Hierapolis diambil untuk menghormati Hiera, istri Telephos, yang telah mendirikan dinasti Attalid.

Hierapolis menjadi popular sebagai pusat pengobatan mata air panas yang dipercaya memiliki berbagai khasiat penyembuhan. Ketika raja terakhir Dinasti Attalid hampir meninggal dunia, dia mengembalikan Hierapolis kepada Roma.

Ada banyak situs yang terdapat di Hierapolis yang harus kita kunjungi saat berwisata ke tempat ini. Di sini kita bisa menemukan sisa-sisa reruntuhan bangunan, katedral, kuil, tembok-tembok, pilar, amphiteather, dan kuburan-kuburan tua (necropolis). Tempat ini juga merupakan tempat bersejarah yang bisa membawa kita serasa berada di Zaman Romawi ribuan tahun silam. Beberapa situs paling penting diantaranya yaitu Teater Hierapolis, Kuil Apollo, dan Plutonium.

Jadi, masih gak mau liburan ke Turki? Via Indonesia menyediakan Trip perjalanan luar biasa ke Turki yang akan membuat kalian terkagum-kagum dengan keindahan kota-kotanya. Banyak tempat bersejarah juga yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Negara ini loh. Yuk, jangan sampai ketinggalan! #CekViaAja

 

 

www.via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe