October 19, 2020 2 min to read

FAKTA MENARIK RAJA AMPAT YANG MUNGKIN BELUM KAMU TAHU

Category : Destination, Holiday

Mengeksplor kekayaan destinasi di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Tak terkecuali dengan destinasi di bagian timur Indonesia yang memiliki keeksotisan serta kekayaan alam yang luar biasa. Salah satu diantaranya adalah Raja Ampat. Sebuah kepulauan yang terletak di Provinsi Papua Barat. Selain Bali dan Lombok, Raja Ampat juga menjadi salah satu destinasi primadona yang dicintai wisatawan lokal hingga mancanegara. Sebelum kamu mengunjungi pulau ini, coba intip dulu yuk fakta-fakta menarik yang mungkin kamu belum tahu seputar Raja Ampat.

Ditemukan secara tidak sengaja

Raja Ampat tidak langsung terkenal seperti sekarang ini. Bahkan di tahun 1990-an, pulau ini baru ‘ditemukan’ secara tidak sengaja oleh Max Ammer, seorang penyelam asal Belanda. Awalnya, Max menyelam di kawasan pulau untuk mencari kapal dan pesawat peninggalan Perang Dunia II, namun ia justru menemukan Raja Ampat dengan pesona bawah laut nya yang menakjubkan. Kemudian di tahun 1998, Max kembali bersama seorang ahli perikanan Australia bernama Gerry Allen, untuk melakukan survei serta observasi di kawasan tersebut. Tak hanya biota laut yang indah, di Raja Ampat mereka juga berhasil menemukan beberapa peninggalan-peninggalan perang Dunia II. Dari situ lah, Raja Ampat mulai banyak dikunjungi hingga menjadi salah satu destinasi wajib jika mengunjungi tanah Papua.

Arti nama Raja Ampat

Raja Ampat memiliki arti Empat Raja. Legenda nya, dahulu terdapat sepasang suami istri yang menemukan 6 butir telur naga, di mana dari 5 telur tersebut menetas 4 manusia laki-laki dan 1 manusia perempuan. Namun pada suatu saat, 1 anak perempuan tersebut dibunuh oleh keempat anak laki-laki hingga akhirnya mereka diangkat menjadi raja di 4 Pulau, yakni Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

Memiliki 75% jenis karang di dunia

Banyak yang mengibaratkan Raja Ampat sebagai perpustakaan laut karena memiliki ragam biota dan terumbu karang paling banyak di dunia. Memiliki 540 jenis karang atau 75% dari jenis karang yang ada di dunia, serta lebih dari 1300 jenis ikan dan 700 spesies hewan lunak. Jika beruntung, penyelam juga dapat menjumpai Papuam Epaulette hingga Wobbegong Shark atau Hiu Karpet.

Menerima Penghargaan di Finlandia

Pada 2015 lalu, Indonesia menerima penghargaan untuk Raja Ampat sebagai The Best Destination kategori Adventure pada ajang Nordic Trevel Fair di Helsinki, Finlandia. Penghargaan tersebut diberikan oleh majalah pariwisata Finlandia, Mondo Travel Magazine. Majalah tersebut menilai bahwa Raja Ampat sebagai salah satu tempat terindah di dunia. Di tahun yang sama, wisata bahari Raja Ampat juga pernah tercatat sebagai situs selam atau diving terbaik dunia versi CNN.

Vrens, sudah tahu kan sekarang beberapa fakta menarik seputar Raja Ampat? Tertarik ingin mengunjungi surga di tanah Papua ini? Via.com punya promo paket tour menarik dengan pilihan 4D3N atau 5D4N dengan harga mulai dari Rp 9 Jutaan saja. Yuk, mulai liburan seru mu bersama Via.com!

Lihat Promo Selengkapnya Di Sini

 

Leave a comment

Newsletter subscribe