April 27, 2021 1 min to read

Cappadocia Kota Dengan Kisah Layangan Putus

Category : Destination, Holiday

Cappadocia adalah salah satu karunia alam untuk Turki. Berada di dataran tinggi yang terletak di wilayah pusat Anatolia yang terkenal dengan lanskap uniknya yang tampak seperti permukaan bulan, kota bawah tanah, gereja-gereja gua, dan rumah-rumah batu.

Wilayah Cappadocia terletak di pusat wilayah Anatolia Turki dengan lembah, ngarai, dan formasi bebatuan unik yang terbentuk akibat hujan dan angin yang mengikis permukaannya selama ribuan tahun silam, daratan yang tertutup lava berlokasi di antara Erciyes, Melendiz dan Hasan dimana para penduduk di masa itu memahat batu-batu dan menggali tanah untuk dijadikan tempat tinggal yang menghasilkan penampakan seperti dunia lain.

Erupsi gunung-gunung merapi ini terjadi selama 2 milyar tahun yang lalu. Lapisan tuff lunak pun terbentuk dengan ketebalan 150m oleh lava yang menutupi lembah yang terkukung pegunungan. Sungai-sungai yang meluap membanjiri lereng bukit serta angin kencang mengikis formasi geologis batuan tuff di dataran tinggi ini menjadi lapisan-lapisan yang menghasilkan bentuk aneh yang disebut dengan ‘fairy chimney’ atau cerobong peri dalam ragam rupa seperti jamur, runcing, topi dan kerucut.

Cappadocia menjadi ramai oleh perbincangan public khususnya di media social karena kisah #LayanganPutus. Disebut sebagai tempat romantic, khususnya buat honeymoon alias bulan madu. Ingin lihat seberapa indah pesona Cappadocia?

Hot air ballon menjadi wisata primadona di Cappadocia. Wisata balon udara ini menjadi atraksi yang paling laris di Cappadocia. Wisata ini sendiri mengambil lokasi di Goreme National Park. Wisatawan yang datang akan diajak melihat keindahan Cappadocia dari atas udara saat matahari terbit.

Selain itu Cappadocia juga memiliki Gerome Open Museum. Disini wisatawan akan diajak untuk menyusuri komplek gereja kuno dan biara yang sudah ada sejak abad ke-3 dan ke-4. Uniknya museum ini menjadi museum keramik pertama dunia dan satu-satunya yang berada dibawah tanah. Tiap ruang pameran dipahat dari batu dan berada 20 meter dibawah permukaan tanah.

Memiliki bentang alam yang unik, Cappadocia menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Hal ini bahkan sudah tercermin dari julukan Land of Fairy Chimney, atau Tanah Peri Cerobong Asap, buat kota tersebut. Melihat asal-usulnya, julukan tersebut muncul dikarenakan adanya bebatuan seperti cerobong asap disana. Bebatuan di Cappadocia ini dijadikan sebagai rumah oleh warga setempat sampai sekarang.

Jadi, masih gak mau liburan ke Turki? Via Indonesia menyediakan Trip perjalanan luar biasa ke Turki yang akan membuat kalian terkagum-kagum dengan keindahan kota-kotanya. Banyak tempat bersejarah juga yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Negara ini loh. Yuk, jangan sampai ketinggalan! #CekViaAja

 

 

www.via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe