March 5, 2019 2 min to read

6 Tempat Menarik di Phnom Penh Ini Wajib Kamu Kunjungi

Category : Destination, Holiday

Vrens, tau gak, kalau di Kamboja ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik lho. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal ialah Angkor Wat. Namun, kali ini kita gak akan membahas tentang tempat tersebut. Kita akan membahas tempat wisata dari ibukota Kamboja, Phnom Penh. Kota Phnom Penh diam-diam memiliki destinasi menarik. Walau harus diakui masih kalah tenar ketimbang kota di Asia Tenggara lainnya, namun dijamin tempat wisata di ibukota Kamboja tersebut ga kalah menariknya.

Tuol Sleng

Jika ingin mengetahui sejarah dari Kamboja, silakan datang ke Tuol Sleng. Tuol Sleng merupakan tempat Kamp Konsentrasi di masa rezim Komunis Khmer Merah yang menduduki Kamboja sekitar tahun 1975-1979. Di sinilah tempat tahanan bagi para pemberontak pada masa itu. Jika berkunjung ke sini, kamu akan melihat berbagai fenomena kala itu seperti ranjang besi, sel penjara yang sempit, lapangan penyiksaan, hingga melihat foto-foto para korban. Suasana sedih bercampur horror akan menyelimuti perasaanmu.

Choeung Ek Genocidal Center

Tempat selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Choeung Ek Genocidal Center. Tak berbeda jauh dengan Toul Sleng, suasana di Choeung Ek Genocidal Center tentang sejarah yang berbau horror. Tempat ini merupakan lokasi di mana para korban tahanan di eksekusi mati. Choeung Ek Genocidal Center merupakan tempat yang sering dikunjungi turis asing ketika berada di Phnom Phen. Suasana horror akan menyelimuti kamu saat sampai lokasi. Di sini, kamu akan melihat banyaknya tulang tengkorak manusia yang merupakan para korban dari kekerasan. Kamu juga bisa menjumpai sebuah pohon besar yang konon katanya tempat disiksanya anak kecil hingga tewas.

Wat Phnom

Wat Phnom merupakan kuil yang menceritakan tentang asal usul kota Phnom Penh berdiri. Kuil ini berlokasi di atas bukit yang terletak di tengah-tengah dataran rendah. Wat Phnom memiliki bangunan yang unik dan menarik. Jika memasuki ruangan, terdapat lukisan dinding yang berceritakan tentang berdirinya kota Phnom Penh. Selain itu, kamu juga bisa melihat patung Budha yang disucikan. Jangan lupa untuk berkunjung ke tempat paling atas kuil ini. Di sana, kamu dapat menyaksikan pemandangan indah daerah sekitar.

Museum Nasional

Belum puas tentang sejarah di Kamboja? Rasanya kamu wajib mengunjungi Museum Nasional. Di sini kamu akan menemukan benda-benda prasejarah yang ada di Kamboja seperti patung-patung Budha, archa, hingga batu-batu pahatan. Tenang, jika kamu tidak menguasai bahasa Kamboja, museum ini memiliki penjelasan dari tiga bahasa yakni bahasa Khmer, Inggris dan Prancis.

Royal Palace

Tak jauh dari pusat kota, terdapat tempat wisata bernama Royal Palace. Royal Palace merupakan bangunan kerajaan dengan arsitektur unik khas Kamboja. Di sini, kamu akan melihat koleksi dari kerajaan. Kamu juga bisa melihat baju khas dari Kamboja hingga koleksi patung-patung Budha dari raja.

Central Market

Setelah lelah mengelilingi tempat bersejarah di Phom Phen, kini baiknya untuk mengunjungi membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sebenarnya banyak terdapat pasar di Phom Phen, namun yang sering dikunjungi oleh wisatawan ialah Central Market. Di sini,tersedia oleh-oleh yang lengkap, sehingga kamu dapat belanja sepuasnya di pasar ini.

Leave a comment

Newsletter subscribe