September 3, 2018 2 min to read

5 Destinasi Wisata di Hangzhou, Tuan Rumah Asian Games 2022

Category : Destination, Holiday

Gelaran Asian Games 2018 di Jakarta & Palembang berakhir sudah. Pesta olahraga terbesar se-Asia ini pun akan kembali dilaksanakan dalam 4 tahun mendatang, tepatnya tahun 2022. Adalah Hangzhou, sebuah kota di Tiongkok yang selanjutnya akan menjadi ‘medan tempur’ bagi para atlet-atlet terbaik Asia untuk memperebutkan medali, utamanya medali emas, dan mengharumkan nama negara mereka masing-masing.

Berbicara tentang Hangzhou, ibukota dari provinsi Zhejiang ini kepopulerannya mungkin tidak sebesar Beijing, Shanghai, atau Guangzhou. Namun, bukan berarti kota yang sarat akan sejarah ini tidak memiliki sesuatu untuk dinikmati. Bahkan, ada pepatah lokal yang mengatakan “Di atas ada surga, di bawah adalah Suzhou dan Hangzhou”. Lalu, ada objek wisata apa saja yang bisa dikunjungi di Hangzhou? Berikut ini informasinya.

Danau Xihu (West Lake)

Objek wisata populer di Hangzhou yang pertama adalah Danau Xihu. Danau yang juga dikenal dengan nama  West Lake ini jadi salah satu destinasi wisata wajib jika sedang berkunjung ke Hangzhou. West Lake ini sendiri kabarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu! Keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi sampai-sampai sering dijadikan lokasi syuting. Danau Xihu atau West Lake ini juga masuk dalam jajaran UNESCO World Heritage pada tahun 2011 yang lalu.

Oh iya, di West Lake ini juga sering diadakan pertunjukan seni di malam hari. Ada pertunjukan musik, tari, hingga lampu-lampu yang makin membuatnya kian cantik.

Wuzhen Water Town

Merupakan salah satu situs sejarah di Hangzhou, Wuzhen Water Town juga kiranya tidak boleh luput dari itinerary kamu saat tengah berkunjung ke Hangzhou. Sesuai dengan namanya, Wuzhen ini merupakan sebuah wilayah yang berada di atas aliran sungai, mirip-mirip seperti di Venice, Italia. Tempat ini cocok sekali untuk dijadikan spot foto.

Saran, sebaiknya kunjungi Wuzhen dikala musim semi atau gugur. Hal ini karena saat musim panas, cuaca disini sangat panas.

Longjing Tea Village

Ini dia destinasi wisata selanjutnya yang harus dikunjungi di Hangzhou. Longjing Tea Village merupakan sebuah perkebunan teh yang berada di Gunung Longjing, sebelah barat daya West Lake. Disini, kamu bisa menikmati asrinya perkebunan teh sekaligus mencicipi teh khas Longjing yang dikenal sebagai salah satu teh terbaik di Tiongkok. Kenikmatan teh Longjing ini pun bahkan juga sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional, jadi sangat disayangkan kalau kamu sampai melewatkannya.

Sekedar infomasi nama Longjing ini jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘Sumur Naga’.

The Grand Canal

Grand Canal ini juga merupakan objek wisata yang secara suasana mirip-mirip dengan sungai Musi di Palembang. Disini, kamu bisa berkeliling menyusuri kanal menggunakan perahu sambil menikmati pemandangan kota yang cantik. The Grand Canal ini pada tahun 2014 yang lalu juga dinobatkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Zhejiang Art Museum

Kamu penyuka karya seni? Maka kamu wajib untuk meluangkan waktu mengunjungi Zhejiang Art Museum. Museum terbesar di Tiongkok ini menyimpan koleksi karya seni yang banyak dan beragam dari berbagai penjuru daerah di Tiongkok. Zhejiang Art Museum terletak di dekat West Lake, sehingga saat tengah berada di museum ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan West lake.

Leave a comment

Newsletter subscribe