November 10, 2020 3 min to read

4 ALASAN TRAVELING DALAM NEGERI NGGAK KALAH SERU!

Category : Destination, Holiday

Siapa sih yang tidak memiliki keinginan untuk traveling ke luar negeri. Banyak dari kamu yang pasti sudah berencana atau memiliki impian untuk berwisata ke destinasi mancanegara. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan wisata ke luar negeri, ada baiknya untuk eksplor lebih jauh dulu destinasi domestik, yuk!

Wisata di Indonesia juga tak kalah menarik, lho. Bahkan, wisata dalam negeri menawarkan paket lengkap untuk kamu jelajahi. Mulai dari wisata budaya, wisata alam hingga wisata kuliner bisa kamu coba. Seru kan? Belum lagi deretan tempat wisata yang cantik nan mempesona seperti ragam pantai di Bali, Lombok, Raja Ampat. Pegunungan pegunungan di pulau Jawa, hingga danau-danau yang tak kalah indah. Selain itu, Via.com juga punya nih 4 alasan lain kalau traveling dalam negeri itu ternyata lebih menyenangkan.

AKOMODASI LEBIH TERJANGKAU

Meski di beberapa negara biaya akomodasi nya masih setara dengan di Indonesia (apalagi jika kamu traveling ala backpacker), namun tetap saja jika berwisata dalam negeri biaya yang dibutuhkan tidak sebanyak jika wisata ke luar negeri. Mulai dari ongkos perjalanan, biaya makan hingga biaya penginapan yang jauh lebih hemat. Untuk penginapan, kamu bisa memilih hotel bintang 1 atau 2 yang sudah memiliki fasilitas dan kamar yang nyaman dengan harga terjangkau. Atau jika kamu memiliki keluarga, teman atau kerabat di daerah yang akan kamu tuju, kamu bisa menginap untuk lebih menghemat budget. Untuk makan juga tak terlalu banyak mengeluarkan biaya, kamu bisa mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut dengan harga murah.

Nah, untuk biaya perjalanan, jika destinasi yang ingin kamu tuju masih bisa terjangkau dengan menaiki Kereta Api atau Kapal Laut, ada baiknya untuk lebih memilih kedua opsi transportasi tersebut dibanding menaiki pesawat yang pastinya membutuhkan biaya sedikit lebih banyak.

LEBIH FAMILIAR

Kalau kamu traveling dalam negeri, tak perlu lagi khawatir mengenai hal-hal yang biasanya harus dihadapi saat wisata ke luar negeri. Berlibur ke luar negeri, kamu diharuskan beradaptasi dengan bahasa, kultur, cuaca, hingga cita rasa yang berbeda. Meski memang daerah di Indonesia memiliki jenis kuliner yang beragam, namun lidah kita cenderung lebih ‘familiar’ dengan rasanya. Belum lagi jika dilihat dari segi bahasa, bahkan beberapa negara masyarakatnya tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Hal-hal tersebut akan menghambat kamu dalam melakukan traveling. Bisa saja kamu menggunakan jasa guide atau translator, namun tentu saja harus mengeluarkan biaya tambahan yang berbeda.

TAK PERLU PASPOR DAN VISA

Wisata dalam negeri jelas tidak membutuhkan paspor maupun visa yang membutuhkan proses lumayan lama dan pengurusannya terbilang mahal. Tak jarang pula proses pengajuan visa yang bisa saja ditolak mendadak. Tak hanya itu, kamu perlu menukar uang rupiah terlebih dahulu sesuai dengan mata uang negara yang akan dituju agar bisa digunakan. Oh iya, jika ingin melakukan traveling ke luar negeri, kamu juga diharuskan untuk rutin mengecek informasi mengenai situasi kondisi negara tersebut. Pasalnya, banyak beberapa negara yang belum menerima kunjungan pariwisata dari negara lain. Fyuh.. sedikit merepotkan, ya?

MENINGKATKAN EKONOMI DALAM NEGERI

Dengan kamu melakukan traveling dalam negeri, kamu juga turut andil dalam membantu perekonomian Indonesia. Tak hanya menambah rasa cinta atau nasionalisme pada negeri, wisata di Indonesia juga membantu membangkitkan sektor pariwisata yang beberapa bulan lalu sempat meredup akibat pandemi COVID-19 yang mewabah. Kamu juga sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga lokal sekitar tempat wisata tersebut yang memiliki tempat penginapan, tempat hiburan, menyewakan jasa, menjual makanan, hingga menjual oleh-oleh atau buah tangan.

Itu dia beberapa alasan untuk kamu yang masih ragu kalau ternyata liburan dalam negeri nggak kalah seru nya! Kamu juga bisa menghemat budget karena saat ini banyak tiket untuk penerbangan domestik yang ditawarkan dengan harga hemat. Salah satu promo yang bisa kamu dapatkan dengan discount up to 10% dengan free baggage 15kg untuk penerbangan rute domestik dari AIR ASIA VIRTUAL TRAVEL FAIR. Penasaran dengan promonya, Vrens? Cek link di bawah ini sekarang juga ya.

Lihat Promo Nya Di Sini

 

Leave a comment

Newsletter subscribe