March 25, 2019 2 min to read

Yuk Simak 5 Fakta Kecanggihan MRT Jakarta

Category : Holiday

Mass Rapid Transit atau yang biasa disebut MRT kini menjadi transportasi terbaru di Ibu Kota Jakarta. Tujuan dibangunnya MRT adalah untuk mengurangi kemacetan yang ada di Jakarta karena semakin banyaknya volume kendaraan pribadi. Bagi kamu warga Jakarta, tentu senang dengan adanya transportasi ini. Dengan adanya MRT, perjalanan kamu tentu lebih cepat tanpa harus bermacet-macetan di jalan.

Jarak Tempuh Sangat Cepat

Kecanggihan MRT yang paling utama ialah kecepatannya dalam menempuh perjalanan. Dengan adanya MRT, diharapkan dapat mempersingkat waktu bagi para penumpang yang menaikinya. Contohnya nyatanya adalah jarak  dari Lebak Bulus – Bundaran HI yang biasanya membutuhkan waktu satu setengah jam perjalanan kalau menggunakan kendaraan pribadi. Namun jika menggunakan MRT, jarak tempuh tersebut hanya memakan waktu 30 menit saja. Ini membuktikan kalau MRT cukup cepat dan sangat efektif bagi kamu yang sibuk beraktifitas. Selain itu, jarak kedatangan dan keberangkatan transportasi ini juga sangat singkat. Kereta akan datang 5 menit ketika jam sibuk, dan 10 menit ketika jam biasa.

Sistem Tercanggih di Dunia

MRT Jakarta ternyata tidak kalah canggih lho dibanding dengan MRT yang ada di negara maju. Bahkan, sistem MRT di Jakarta saat ini terbaik yang ada di dunia. Sistem canggih itu bernama Communications-based Train Control atau CBTC. Sistem ini merupakan yang tercanggih di dunia saat ini. CBTC merupakan sistem persinyalan yang memanfaatkan radio komunikasi antara peralatan VOBC (Vehicle On Board Controller) atau berada yang berada di luar kereta. Dengan adanya sistem ini, akan membuat MRT dikendalikan dengan aman.

Bisa Berjalan Tanpa Masinis

Kamu pernah dengar ada kereta yang bisa beroperasi tanpa masinis? Nah itulah yang akan kamu temukan jika menaiki MRT Jakarta. MRT Jakarta dipastikan tidak menggunakan masinis seperti kereta pada umumnya. MRT akan beroperasi menggunakan standar STRASYA atau Standard Urban Railway Sistem for Asia. Nantinya, MRT akan dikendalikan dengan menggunakan sistem Overhead Contact System atau OCC. Tenang, walau tanpa masinis, sistem tersebut dapat menjamin keamanan kamu kok.

Stasiun MRT Berstandar Internasional

Dalam memberikan kenyamanan bagi para penumpang, MRT Jakarta menawarkan sejumlah fasilitas canggih, salah satunya adalah stasiunnya. Demi kenyamanan para penumpangnya, stasiun MRT Jakarta memiliki fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Fasilitas tersebut diantaranya adalah lift, ekskalator, ruang menyusui, toilet, PSD (Platform Screen Door), ruang pertolongan pertama, dan masih banyak lagi. Selain itu, stasiun ini juga dilengkapi pendingin ruangan dan sirkulasi udara, jadi kamu tidak perlu takut kepanasan jika berada di dalam stasiun.

Bisa Ditumpangi Banyak Orang

Dalam mengurangi angka kemacetan di Jakarta, sudah pasti MRT Jakarta harus memiliki fasilitas untuk menampung banyak penumpang. Maka dari itu, MRT Jakarta dibuat untuk bisa menampung hingga 1.900 orang dalam satu kereta. Di setiap gerbong, terdapat 50 kursi, dan kapasitas gerbong mencapai 150 penumpang berdiri atau jika dihitung lebih detailnya, MRT Jakarta bisa menampung sebanyak 325 orang dalam kondisi penuh. Menurut berbagai kabar, kereta ini bisa menampung kurang lebih 130 ribu orang per harinya.

Gimana tertarik mencoba MRT ini? Bagi kamu yang ingin mencoba, mulai hari ini MRT telah resmi beroperasi. Kamu bisa mencoba menaiki transportasi ini di stasiun-stasiun yang sudah ditetapkan. Untuk kamu yang berasal dari luar kota dan ingin mencoba transportasi ini, jangan khawatir, kamu bisa menginap di hotel yang dekat dengan beberapa stasiun MRT. Pesan hotel sekarang memalui via.com. Terdapat harga menarik yang bisa kamu manfaatkan.

Leave a comment

Newsletter subscribe