February 7, 2022 2 min to read

Yuk, Kenalan dengan Sirkuit Internasional Mandalika

Category : Destination, Holiday, Travel Tips

Vrens, sudah tahu dong kalau MotoGP bakal kembali digelar di Indonesia? Berbeda dengan edisi sebelumnya yang digelar pada tahun 1997, Indonesian Grand Prix kali ini akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika. Sirkuit ini merupakan sirkuit internasional teranyar milik Indonesia yang sudah menggelar balap motor internasional Superbike (WSBK) pada 2021 silam.

Beragam Paket Liburan Seru untuk Kamu Ada di Sini!

Sirkuit Internasional Mandalika dapat dikatakan sangat unik. Keunikannya bukan hanya menghadirkan balap seru, namun juga terletak di segi lokasi, karakter sirkuit, hingga fasilitas penunjangnya. Hal itu pun membuat Sirkuit Mandalika siap menggelar gelaran balap internasional lainnya yang di sisi lain dapat mendorong bangkit dan berkembangnya pariwista di Indonesia.

Seperti yang telah diketahui secara luas, Sirkuit Internasional Mandalika terletak di Lombok. Panorama alam yang super canik dan eksotis pun menjadi kombinasi sempurna yang bersandingan dengan sirkuit bertaraf internasional. Setidaknya, Sirkuit Mandalika terletak dnegan 3 gili di Lombok, Kota Mataram, Bukit Merese, Pink Beach, dan Gunung Rinjani. Laguna yang berada persis di samping sirkuit ini pun memungkinkan keseruan gelaran balap di sirkuit ini dinikmati dari yacht yang dapat diparkir di sana.

Sirkuitnya sendiri memiliki karakter yang unik, yakni “street circuit”. Karakternya mungkin memang tidak seperti sirkuit jalanan dalam kota, seperti di Monako, Singapura, dan Makau. Namun, lebar lintasan yang tidak terlalu besar akan memaksa pebalap melakukan manuver penuh strategi dan membuat balapan menjadi seru. Keseruan dari karakter sirkuit yang khas ditambah lagi dengan bahan aspal stone mastic yang lebih cepat kering saat basah dan disinyalir mampu menahan kecepatan kendaraan hingga 360 km/jam.

Klik di Sini untuk Dapatkan Info dan Promo Paket Seru Nonton Moto GP di Mandalika!

Lintasan Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,32 km dengan 17 tikungan searah jarum jam; 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Tikungan ke-10 menjadi tikungan andalan karena merupakan tikungan ke kanan yang cukup menyulitkan pebalap, titik paling dekat dengan laguna, run off area yang sangat luas di sebelah kiri, dan bukit 360 yang menjadi landmark di sebelah kanan. Masalah standar keamanan pun tidak perlu diragukan. Kerb di sepanjang sisi lintasan, tembok sirkuit, hingga run off area yang sangat luas sudah sesuai dengan standar dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Untuk menimati keseruan balap yang akan digelar di Mandalika, fasilitas kelas satu pun tersedia. Sirkuit Internasional Mandalika dapat menampung hingga 130.000 penonton yang dapat ditampung dalam bangku khusus dengan kapasitas sekitar 90.000 dan grand stand dengan kapasitas sekitar 50.000. Tidak hanya itu, Sirkuit Mandalika dilengkapi pula dengan fasilitas menonton kelas VIP yang sangat premium di dekat tikungan pertama. Gedung Conference dan Exhibition bertaraf Internasional pun tersedia bersama dengan fasilitas ekslusif lainnya.

Jangan lewatkan keseruan balap MotoGP di Mandalika. Miliki tiketnya sekarang, pesan dan dapatkan informasinya dengan klik di sini.

Dari Promo Penerbangan hingga Paket Liburan Seru Buat Kamu Ada di Sini!

Leave a comment

Newsletter subscribe