September 27, 2018 3 min to read

Wisata Kastil di Rumania: Ssst, Salah Satunya Tempat Tinggal Dracula!

Category : Destination, Holiday

Rumania. Negara di Tenggara Eropa ini juga memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dengan negara-negara Eropa populer lainnya. Bentang alam yang sangat berciri khas jadi daya tarik Rumania bagi para traveler dari seluruh dunia. Selain itu, Rumania juga dikenal akan legenda Dracula-nya. Ya, siapa yang tidak kenal tokoh fiksi yang digambarkan oleh penulisnya yaitu Bram Stroker sebagai vampir penghisap darah manusia ini. Pada kenyataannya, Dracula memang benar adanya. Namun ia bukanlah seorang vampir penghisap darah melainkan seorang bangsawan Rumania bernama Vlad Tepes atau Vlad Dracula yang memang terkenal akan kekejamannya saat memerintah di Wallachia, Transylvania tempo dulu. Karakterisasi Dracula sebagai makhluk penghisap darah yang dibuat oleh Bram Stroker mungkin sebagai perwujudan akan kekejamannya tersebut.

Anyway, bicara soal Dracula tentu tidak lepas dari kastil yang menjadi tempat tinggalnya. Nah, selain pemandangan alam, kastil juga jadi atraksi wisata lainnya yang bisa kamu nikmati ketika tengah berkunjung ke Rumania. Mulai dari kastil yang terkesan menyeramkan sampai kastil yang terlihat elegan, semuanya bisa kamu temukan di Rumania. Dan seperti yang disebutkan pada judul artikel, salah satu dari kastil tersebut konon katanya merupakan tempat tinggal sang Dracula. Penasaran? Ini di informasinya.

1. Kastil Corvin

Di tempat pertama ada Corvin Castle atau Kastil Korvin. Usut punya usut, kastil ini merupakan kastil terseram yang ada di Rumania lho Vrens! Bergaya gothic, Corvin Castle yang dibangun sekitar tahun 1446 ini dulunya berfungsi sebagai kediaman Raja Hungaria.

Namun tidak hanya sebagai rumah Raja, Corvin Castle ini juga memiliki banyak cerita kelam di dalamnya. Dari sekian banyak kisah yang mengiringi perjalanannya, ditahannya Vlad Tepes atau sang ‘Dracula’ di Kastil Corvin ini mungkin jadi hal yang paling menarik.

2. Kastil Strudza

Tidak seperti kebanyakan kastil di Eropa lainnya yang cenderung memiliki kesan ‘angker’, Strudza Castle ini justru memiliki desain yang lebih shiny. Dijuluki sebagai ‘kastil romantis’, Kastil Strudza dikelilingi oleh danau dan pepohonan yang rindang. Pada masa penjajahan, kastil ini pernah dijadikan sebagai kamp berlindung bagi anak-anak yatim piatu kala itu. Selain itu, keluarga Strudza sebagai pemilik dari kastil ini pernah menggunakannya untuk menyimpan sekitar 60.000 koleksi buku. Ya, mereka memang dikenal sebagai kolektor buku sejati. Sangat disayangkan, pada masa Perang Dunia ke-2 buku-buku tersebut dibakar habis oleh tentara Uni Soviet.

3. Kastil Peles

Satu lagi kastil di Rumania yang jauh dari kesan ‘angker’. Adalah Peles Castle, kastil yang dulunya digunakan oleh keluarga Kerajaan saat menghabiskan waktu di musim panas. Kendati desian bangunannnya masih bergaya gothic, namun tidak serta merta membuatnya terlihat gloomy seperti kastil sejenis lainnya. Malah, kesan mewah nan memesona terpancar dari kastil Peles ini, membuatnya diklaim sebagai salah ssatu kastil terindah di Eropa.

Peles Castle memiliki 160 ruangan di dalamnya. Selain itu, berbagai hiasan-hiasan klasik seperti lukisan bisa kamu jumpai ketika mengunjungi kastil ini. Dengan latar pegunungan ddan udara yang sejuk, rasanya kamu tidak ingin cepat-cepat meninggalkan kastil ini.

4. Bran Castle

Dalam novelnya, Bram Stoker  menceritakan bahwasanya sosok Drakula tinggal di sebuah kastil yang berada di Kota Transylvania, dan kastil itu bernama Bran Castle. Hal ini pun lantas menjadikan kastil tua ini menjadi objek wisata vital di Rumania yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama saat Halloween.

Kendati demikian, antara Bran Castle dan Vlad Dracula sebenarnya tidak memiliki keterkaitan. Kastil tersebut sejatinya telah berganti penghuni selama beratus-ratus tahun, dan kabarnya pada tahun 1920-an didiami oleh soerang Ratu bernama Maria.

5. Poenari Castle

Nah, kalau Poenari Castle ini malah disebut-sebut sebagai kediaman sebenarnya dari sang Drakula. Terletak di ketinggian 860 mdpl dekat Gunung Fagaras, kastil Poenari jadi kastil yang juga tidak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi bila sedang berada di Rumania. Memang, untuk menuju kastil ini tergolong tidak mudah karena kamu harus terlebih dahulu melakukan pendakian. Namun, semua itu pastinya akan terbayar dengan sensasi menakjubkan berada di rumah Drakula!

Nah itu dia Vrens 5 kastil di Rumania yang harus kamu kunjungi jika nanti berkesempatan untuk berlibur ke Rumania. Tentunya masih banyak lagi yang bisa kamu explore di negara asal mantan pemain klub sepakbola Chelsea Adrian Mutu ini. So, sudah siap merasakan indahnya Rumania? Atur liburan kamu di Rumania bersama via.idyour best travel partner!

Leave a comment

Newsletter subscribe