December 8, 2020 3 min to read

TIPS BERIKUT BIKIN LIBURAN AKHIR TAHUN MU LEBIH HEMAT, LHO. PENASARAN?

Category : Holiday, Travel Tips

Meskipun akhir tahun masih beberapa minggu lagi, namun banyak dari kamu yang pasti sudah berencana untuk menghabiskannya dengan berlibur, kan? Momen akhir tahun juga pas banget untuk dihabiskan bareng orang-orang terkasih untuk menciptakan kedekatan sekaligus refleksi diri selama setahun ini. Namun, seringkali rencana liburan terhambat oleh budget yang harus dikeluarkan. Belum lagi dengan beberapa biaya seperti akomodasi penginapan atau tiket masuk wisata yang biasanya melonjak naik di akhir tahun.

Meski begitu, liburan akhir tahun tetap bisa dilakukan dengan biaya yang lebih hemat jika dipersiapkan jauh dari hari H. Kunci nya adalah planning yang matang. Jika semua dipersiapkan dengan baik, liburan pun bisa dilakukan dengan santai dan lebih berkesan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Via.com Indonesia bagikan beberapa tips untuk liburan lebih hemat di akhir tahun.

Gunakan Tabungan Perjalanan

Suka jalan-jalan tapi nggak punya tabungan khusus? Salah banget! Untuk kamu yang hobi traveling, wajib punya tabungan khusus perjalanan. Jadi, pada saat momen liburan tiba kamu bisa menggunakannya alih-alih memakai habis seluruh gaji mu selama sebulan. Untuk selanjutnya, kamu bisa menyisihkan 10% dari gaji perbulan untuk dimasukkan kembali dalam tabungan liburan.

5 Tips Menabung Untuk Rencana Traveling

Buat Perencanaan

Banyak orang yang ingin liburan namun belum memiliki rencana yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Liburan secara mendadak memiliki risiko waktu yang terbuang lebih banyak bahkan pengeluaran biaya yang berlebihan. Tanpa adanya perencanaan atau itinerary, kamu akan dibuat bingung dengan beberapa hal seperti menginap di mana, ke mana tujuan berlibur, berapa biaya tiket masuk destinasi tersebut, hingga transportasi apa yang akan digunakan.

Pertama, rencanakan akan berlibur ke mana. Dalam negeri atau luar negeri. Kemudian buatlah daftar destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. Cari lah info mengenai wisata tersebut mulai dari harga tiket hingga jam operasional. Sebisa mungkin lakukan pembelian tiket secara online saat itu juga jika memang tersedia, untuk menghindari tiket sold out. Jangan lupa untuk menyiapkan semua dokumen dan persyaratan jika ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kemudian, buatlah reservasi hotel dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga hemat. Manfaatkan pula promo akhir tahun agar lebih memangkas pengeluaran. Pastikan nama dan tanggal reservasi sesuai dan tepat dengan nama dan jadwal liburanmu.

Tips Pesan Hotel Untuk Menginap Lebih Hemat

Tentukan Budget Membeli Buah Tangan

Meski terdengar sepele, namun budget untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh juga harus kamu tentukan dan pisahkan dari budget utama (akomodasi, transportasi, destinasi). Membeli oleh-oleh seringkali membuat pengeluaran membengkak karena kita tidak tahu berapa jumlah yang harus dikeluarkan. Kamu juga sebaiknya membeli buah tangan di pasar tradisional yang tidak terletak dalam area wisata, agar tidak mendapatkan harga barang yang lebih tinggi. Beli lah oleh-oleh yang memang khas dari daerah atau negara tersebut saja, jangan membeli barang-barang yang tidak perlu.

Tak Perlu Tour Guide

Menggunakan jasa Tour Guide memang sangat membantu perjalanan liburan. Apalagi jika kamu liburan ke luar negeri, Tour Guide akan sangat membantu dari hal komunikasi hingga memberikan informasi destinasi yang akan dituju. Tentu saja, hal tersebut tidaklah gratis. Kamu harus mengeluarkan biaya lebih jika menggunakan jasa tersebut. Jika kamu ingin liburan lebih hemat, sebaiknya tidak menggunakan jasa Tour Guide. Meski begitu, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk lebih bebas mengeksplor tujuan liburanmu. Dijamin liburan kamu akan lebih menarik!

Cek Promo di Portal Via.com

Agar liburanmu lebih praktis, tak perlu lagi datang langsung ke tempat hanya untuk booking tiket transportasi atau tiket wisata. Kamu bisa membeli secara online dan jangan ragu untuk menggunakan promo yang ditawarkan. Lewat portal Via.com, kamu bisa cek ragam promo menarik untuk mendapatkan harga tiket pesawat, hotel, paket liburan hingga tiket wahana yang pastinya lebih hemat! Jangan lupa untuk booking tiket lebih awal atau sekitar 2 minggu sebelum hari H kamu berlibur, ya.

Lihat Promo Menarik Di Sini

Vrens, itu dia tips yang bisa kamu gunakan untuk merencanakan liburan akhir tahun dengan lebih hemat. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan dan selalu terapkan protokol kesehatan di mana pun dan kemana pun tujuan mu nanti, ya.

Leave a comment

Newsletter subscribe