July 14, 2020 2 min to read

5 TIPS MENABUNG UNTUK RENCANA TRAVELING

Category : Holiday, Travel Tips

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk bisa traveling ke destinasi impian, baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Bagi beberapa orang yang mempunyai penghasilan lebih, mungkin tidaklah rumit untuk menyiapkan budget khusus liburan, tapi untuk sebagian orang hal tersebut sangatlah sulit dan membutuhkan strategi tepat agar dapat memiliki biaya lebih untuk berlibur. Tenang, jika kamu memiliki niat yang kuat, kamu bisa kok mengikuti beberapa tips menabung berikut yang bisa kamu gunakan untuk rencana traveling mu nanti.

Tentukan Destinasi dan Estimasi Biaya

Tentukan destinasi yang ingin kamu tuju. Destinasi tersebut akan menentukan berapa banyak biaya yang kamu butuhkan untuk traveling dari mulai berangkat hingga kembali pulang. Jika kamu memiliki tujuan untuk traveling ke luar negeri, tentu biaya yang dibutuhkan akan sedikit lebih banyak dibanding traveling dalam negeri. Pastikan kamu memasukkan biaya tiket pesawat pulang pergi, lebih bagus lagi jika kamu mendapatkan harga promo yang bisa sedikit meringankan biaya. Biaya penginapan, estimasi pengeluaran harian untuk makan dan transport saat berada di lokasi, hingga biaya darurat dalam perjalanan.

Buka Rekening Khusus

Satu hal yang harus menjadi perhatian kalau kamu memang berniat menabung untuk biaya traveling adalah buka rekening khusus yang terpisah dengan rekening pribadi. Kalau kamu menggabungkan kedua nya, bisa-bisa biaya yang rencana nya kamu sisihkan untuk tabungan akan terpakai untuk biaya sehari-hari. Jadi, begitu tanggal gajianmu tiba, kamu bisa langsung menyisihkan sebagian dan masukkan kedalam tabungan traveling. Kamu bisa menyisihkan 5% – 10% dari uang penghasilanmu perbulannya, atau bisa disesuaikan menurut kebutuhanmu sendiri.

Buat Rincian Pengeluaran Tiap Bulan

Meski terlihat merepotkan namun ternyata memiliki rincian pengeluaran tiap bulan sangat bermanfaat lho, Vrens. Dengan ini, kamu jadi tau apa saja hal yang harus kamu keluarkan dan berapa biaya total tiap bulannya. Kamu bisa buat perincian bulanan mulai dari pengeluaran untuk biaya makan, biaya tempat tinggal (jika kamu tinggal di kost atau apartment), biaya transportasi, biaya untuk hiburan pribadi, hingga biaya tak terduga. Dengan rincian ini kamu jadi bisa mengetahui dan mengira-ngira berapa besar yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan traveling, tanpa lagi mengganggu biaya sehari-hari mu.

Mencoba Penghasilan Tambahan
Kamu punya hobi melukis atau membuat kue? Cobalah untuk mencari penghasilan tambahan dari hobi mu itu. Di era digital seperti sekarang ini, mencari penghasilan tambahan dengan berjualan atau menyediakan pelayanan jasa sudah terbilang mudah. Promosikan hasil karya mu melalui sosial media agar bisa dibeli orang lain, jadi kamu bisa mendapat penghasilan tambahan diluar penghasilan pokok tiap bulan. Lumayan banget kan untuk tambahan tabungan traveling mu!

Konsisten
Konsisten dan niat adalah hal yang paling penting jika kamu ingin menabung untuk traveling. Jika kamu cuma menjalankan tips diatas hanya sehari atau dua hari, tentu saja goals kamu untuk bisa traveling ke Maldives atau Tokyo tidak akan bisa terwujud. Meski biaya yang kamu sisihkan untuk ditabung tidak banyak, kalau kamu menjalankannya secara konsisten tentu saja suatu hari nanti hasil tersebut bisa kamu nikmati.

Vrens, meski saat ini kamu belum bisa sepenuhnya melakukan traveling, kamu tetap bisa menjalankan 5 tips diatas agar hasilnya bisa kamu pakai untuk berlibur nanti pada saat pandemi sudah usai yah. Tetap utamakan kesehatan dan keselamatan selalu.

Leave a comment

Newsletter subscribe