June 5, 2020 1 min to read

TAMAN NASIONAL BALURAN: EKSOTISME AFRICA VAN JAVA DI TIMUR PULAU JAWA

Category : Uncategorized

Jika Vrens sedang berkunjung ke Jawa Timur dan menginginkan sensasi liburan yang tak biasa, cobalah untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Taman nasional yang terletak diantara Situbondo dan Banyuwangi, tepatnya di Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo ini dijuluki dengan ‘Africa Van Java’ atau ‘Little Africa’. Pasalnya, kamu memang bisa menikmati pemandangan eksotik layaknya sedang berkunjung ke negara Afrika, lho!

Taman Nasional yang berbatasan dengan Selat Madura di utara dan Selat Bali di Bagian Timur ini merupakan Taman Nasional tertua dan pertama di Indonesia. Sebuah Kawasan Konservasi Flora & Fauna yang masih asri dan alami dengan sentuhan pemandangan yang terkesan gersang dan tandus bak padang savana Afrika.

Penamaan Taman Nasional Baluran sendiri diambil dari gunung Baluran, yang terletak masih di area sekitar taman. Dengan background gunung baluran yang mempesona, Vrens juga wajib banget mengunjungi 3 destinasi di dalam taman nasional ini.

Hutan Evergreen

Salah satu daya tarik hutan Evergreen adalah hutan ini disini memiliki kondisi yang sangat subur. Jadi, kapan  pun Vrens datang kesini, hutan ini akan selalu tampak hijau. Itulah mengapa hutan ini juga disebut sebagai hutan abadi atau hutan sepanjang tahun, karena kesuburannya yang tidak mengenal musim. Kamu bisa menikmati kesejukan hutan yang tertutup pepohonan rimbun sehingga seperti melewati sebuah terowongan yang hijau dan sejuk.

Savana Bekol

Destinasi ini lah yang menjadi primadona di Taman Nasional Baluran. Savana ini membentang dengan luas sekitar 10.000 hektar atau lebih dari sepertiga kawasan Baluran. Saat musim hujan, Savana Bekol akan memiliki pesona hijau yang menawan. Vrens juga bisa menemukan segerombol kawanan banteng, rusa, ayam hutan, merak, monyet hingga ular. Jadi, disarankan untuk pengunjung agar selalu berhati-hati. Jangan lupa abadikan momen dengan berfoto bersama jejeran kepala rusa dan tanduk banteng kering yang menjadi ikon disini.

Pantai Bama

Terletak kurang lebih 3 kilometer dari lokasi Savana Bekol, terdapat Pantai Bama yang menjadi salah satu pantai di Baluran yang memiliki pemandangan sunrise mempesona. Pantai ini bukan sekedar pantai biasa yang menawarkan keindahan biru nya air laut dan suasana yang menenangkan, uniknya disini kamu bisa menemukan beberapa burung endemik dan monyet ekor panjang yang berkeliaran mencari kepiting.  Karena di sekeliling pantai terdapat hutan mangrove, jadi kamu bisa menikmati pesona pantai dengan hutan bakau yang dilindungi.

Itu dia Vrens beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi jika berencana untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman berbeda, layaknya traveling ke Afrika!

Leave a comment

Newsletter subscribe