June 30, 2020 3 min to read

SELAIN MERLION PARK, 5 TEMPAT INI BISA KAMU KUNJUNGI DI SINGAPURA SECARA GRATIS!

Category : Uncategorized

Singapura telah menjadi salah satu negara favorit traveler Indonesia untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain karena jarak yang cukup dekat dengan Indonesia, Singapura juga memiliki banyak destinasi wisata serta negara yang terkenal akan kebersihannya, modern, rapi, dan nyaman untuk dijadikan destinasi wisata.

Sayangnya, sebagai salah satu negara maju, Singapura memiliki biaya hidup yang terbilang mahal. Tak terkecuali dengan biaya yang harus dikeluarkan jika kamu ingin traveling kesana. Nah, Untuk kamu yang mau lebih hemat saat liburan ke Singapura nanti, selain berburu tiket penerbangan dan promo hotel murah pastinya, kamu juga wajib intip 5 rekomendasi tempat di Singapura yang bisa kamu kunjungi secara cuma-cuma alias gratis!

1. Haji Lane

Siapa yang tidak tahu Haji Lane? sebuah jalan atau gang yang menjadi tujuan wajib bagi pelancong yang ke Singapura, khususnya kalangan muda. Haji Lane bukanlah sebuah gang biasa, lho. Disini kamu bisa menemukan berbagai butik yang menjual pakaian dengan berbagai macam style fashion keren, atau bagi kamu si pecinta musik, kamu juga bisa menemukan beberapa toko yang menjual kaset, CD hingga vinyl (piringan hitam).  Tapi, yang menjadi ciri khas tempat ini adalah mural berwarna-warni yang memenuhi tembok di sepanjang Haji Lane, yang tentu saja menjadi spot foto kece bagi para turis yang berkujung. Ingin mengisi perut atau nongkrong minum kopi bareng teman? bisa banget! Kamu akan menemukan banyak kafe dan restoran disini. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya sepeser pun, kamu bisa kok hanya berfoto ria atau sekedar menikmati jalanan Haji Lane yang unik dan colourfull.

2. Masjid Sultan

Masjid Sultan merupakan sebuah masjid pertama yang dibangun di negeri singa ini. Masjid Sultan terletak di Kampong Glam, yang bisa kamu temukan dengan berjalan kaki sekitar lima menit dari Haji Lane. Masjid Sultan telah ditetapkan sebagai monumen nasional di tahun 1975. Masjid ini juga dinobatkan sebagai masjid terbesar sekaligus tertua di Singapura. Jadi disini kamu bisa berwisata sekaligus mempelajari sejarah bagaimana pertama kali Masjid ini dijadikan sebagai tempat aktivitas perdagangan masyarakat Arab, Boyan dan Bugis sebelum kedatangan saudagar Tionghoa hingga akhirnya direnovasi dan ditetapkan sebagai produk pariwisata Singapura hingga saat ini, Vrens.

3. Gardens by The Bay

Taman cantik nan megah yang memiliki luas sekitar 101 hektar ini dapat kamu temukan dibelakang bangunan Marina Bay Sands. Garden by The Bay merupakan rumah bagi 2000 spesies dan mempunyai 700 ribu tanaman sungguhan yang dipajang untuk bisa dinikmati siapapun yang berkunjung. Bahkan pada tahun 2012, Gardens by the Bay mendapatkan penghargaan World Architecture Festival dengan penghargaan World Building of the Year. Biaya masuk area utama taman ini gratis, namun terdapat beberapa area tertentu yang akan dikenakan biaya, salah satu nya adalah Supertree Groove. Supertree Groove adalah area pohon raksasa yang memayungi taman, kamu bisa melihat Singapura dengan menyusuri jembatan Skyway ini. Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang waterfall yang menjadi ikon di Gardens by The Bay, ya.

4. Helix Bridge

Helix Bridge bukanlah jembatan biasa, Jembatan Helix merupakan jembatan yang dikenal instagrammable dan menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati pemandangan malam Singapura secara gratis. Helix Bridge menjadi jembatan penghubung antara Marina Bay Sands dan Marina Center. Sejak diresmikan pada tahun 2010, jembatan ini menjadi salah satu jembatan lengkung terbesar pertama yang ada di dunia. Untuk sebuah jalur penghubung, jembatan ini memiliki panjang sekitar 280 meter yang sekaligus menjadi jembatan penyeberangan terpanjang yang ada di Singapura. Saat siang hari, jembatan ini akan terlihat modern dengan sebagian atap yang terbuat dari kaca berwarna biru muda. Sedangkan saat malam hari, jembatan terlihat lebih menyala karena efek cahaya dari lampu pada atap jembatan yang berwarna-warni. Cocok banget jadi tempat berfoto untuk mengisi feeds Instagram kamu.

5. Singapore Botanic Garden

Terakhir, ada sebuah taman atau bisa disebut sebagai hutan kota yang telah berusia lebih dari 150 tahun. Singapore Botanic Gardens merupakan tempat pertama di Singapura yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Vrens! Taman yang didirikan pada tahun 1859 ini menawarkan koleksi tanaman yang jumlahnya sekitar 60,000. Di taman ini kamu bisa berpiknik dengan duduk santai bersama keluarga, sekedar jogging di sore hari, atau berfoto di hamparan taman yang luas dan asri. Di Singapore Botanic Garden juga terdapat The National Orchid Garden, sebuah tempat yang menawarkan tampilan anggrek terbesar di dunia, dengan lebih dari 60.000 tanaman anggrek. Ada juga SBG Heritage Museum dan Jacob Ballas Children, di mana anak-anak dapat bermain dan belajar mengenai kehidupan tanaman. Untuk masuk ke Singapore Botanic Garden kamu tidak akan dikenakan biaya, namun untuk memasuki beberapa area didalamnya akan dikenakan tiket masuk seharga 5 dollar Singapura.

Gimana Vrens dengan beberapa rekomendasi tempat diatas? Kalau kamu berencana untuk liburan hemat, tempat-tempat tersebut bisa kamu masukkan dalam itinerary kamu, ya! Namun untuk saat ini, ada baiknya untuk tidak bepergian atau melakukan perjalanan ke luar negeri dahulu, mengingat masih mewabahnya COVID-19.

Leave a comment

Newsletter subscribe