May 25, 2021 1 min to read

Sawah Lingko, Pesona di NTT selain Labuan Bajo

Category : Culture, Destination

Akhir-akhir ini, kamu tentu familier dengan Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi wisata lewat Labuan Bajonya. Pesona laut dan pantai, pulau-pulau indah, hingga eksotisme komodo menjadi daya tarik yang rasanya sulit dilawan oleh kekuatan mana pun. Namun, nyatanya banyak pesona dan panorama alam yang ada di NTT. Sawah Lingko menjadi salah satu destinasi yang pesonanya dapat dinikmati di kawasan Nusa Tenggara Timur.

Sejatinya, lingko merupakan istilah yang digunakan dalam dunia pertnanian. Lingko merupakan salah satu sistem pembagian sawah yang membentuk sawah-sawah layaknya sarang laba-laba. Semakin jauh dari pusat yang berada di tengah maka semakin besar ukuran lahannya. Sistem ini membentuk persawahan dengan pemandangan yang tak biasa dan dapat dinikmati keindahannya. Konon, sistem pembagian lahan turun-temurun yang dimanfaatkan untuk membagi-bagikan lahan di anatara warga itu hanya satu-satunya di dunia!

Sawah Lingko yang terkenal terletak di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai. Jika kamu ke Labuan Bajo, jaraknya memang sangat jauh dari sana. Tapi, kamu tetap bisa menyambanginya karena dapat ditempuh melalui perjalanan darat  sekitar 3 jam lamanya. Atau, kamu bisa sekalian saja sengaja datang ke Ruteng untuk menikmati pula eksotisme budaya yang ada di NTT di Desa Adat Wae Rebo. Kedua destinasi itu jaraknya cukup dekat antara satu sama lain.

Untuk menikmati pemandangannya secara lengkap dan mencapai puncak eksotismenya, kamu perlu sampai di puncak Bukit Weol. Dari sana kamu dapat melihat secara lengkap bentuk Sawah Lingko yang unik dan memesona. Untuk mencapainya, kamu perlu menaklukan 250 anak tangga. Jangan dulu dibayangkan lelahnya karena pemandangan yang indah akan siap menantimu.

Kamu bisa mampir melihat keindahan Sawah Lingko saat berwisata ke Labuan Bajo. Walau jaraknya cukup jauh, perjalanan wisatamu akan terasa semakin lengkap jika berkunjung ke sana pula!

Paket Tour Labuan Bajo untuk kamu hanya di sini.

Itinerary Labuan Bajo di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe