February 10, 2021 3 min to read

RAYAKAN IMLEK DENGAN SUASANA BERBEDA DI 5 DESTINASI BERIKUT

Category : Destination

Chinese New Year atau Lunar New Year merupakan sebuah perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa maupun keturunannya. Tahun baru Cina atau Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (Hanzi) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh. Tak jauh berbeda dengan perayaan hari besar lainnya, masa libur Imlek biasanya dihabiskan dengan mengunjungi kampung halaman atau dihabiskan dengan berlibur ke dalam maupun luar negeri. Ingin merayakan Imlek dengan suasana baru yang berbeda dari biasanya? Kamu bisa mencoba salah satu dari rekomendasi destinasi-destinasi berikut untuk merasakan pengalaman tersebut.

Singapura

Negara tetangga Singapura menyambut tahun baru Imlek dengan sangat meriah. Bahkan, suasana Imlek sudah terasa sejak 3 minggu sebelumnya karena diadakan Spring Festival atau Festival Musim Semi. Destinasi yang wajib dikunjungi adalah Chinatown, kawasan Marina Bay Floating Platform yang menyajikan pertunjukan barongsai, opera dan lampion raksasa yang menakjubkan. Pernak-pernik serba merah dan dekorasi lampion juga akan menghiasi seisi kota. Jangan lupa untuk menghadiri Parade Chingay di area Marina Bay Waterfront yang menghadirkan kereta hias, atraksi akrobat dan sulap hingga para penari yang akan menghibur pengunjung.

Yokohama, Jepang

Jepang menjadi salah satu negara paling favorit wisatawan Indonesia. Maka dari itu, merayakan Imlek di negeri ini menjadi salah satu alternatif pas yang bisa dipilih. Perayaan Imlek paling meriah terdapat di Yokohama Chukagai (Chinatown) yang selalu mengadakan festival barongsai, akrobat, musik serta parade kostum dan kembang api. Tak lupa, para performer juga mengenakan baju-baju ala kekaisaran zaman dulu untuk semakin memeriahkan suasana. Selain Yokohama, pengunjung juga bisa mendatangi Shinchi Chukagai di kota Nagasaki yang merupakan Chinatown tertua di Jepang. Masyarakat Jepang juga memiliki tradisi khusus merayakan Imlek yaitu menikmati kue manis yang dibentuk sesuai dengan zodiak Cina bernama Wagashi.

Hong Kong

Hari libur Imlek sangat pas untuk dihabiskan mengunjungi Hong Kong. Dirayakan selama 2 minggu, terdapat dua acara besar yang akan diselenggarakan. Chinese New Year Parade di Tsim Ha Sui dan tentu saja pesta kembang api spektakuler di Victoria Harbour. Kuil-kuil juga ramai dikunjungi penduduk maupun wisatawan untuk merayakan tahun baru cina. Sama hal nya dengan negara lain, parade diisi dengan pertunjukan dan ragam acara meriah dari para performer lokal hingga internasional. Jangan lupa untuk abadikan momen meriah kembang api bersama keluarga tercinta.

London, Inggris

Ternyata perayaan Imlek tak hanya dirayakan oleh negara-negara di Asia saja. Negara di luar bagian seperti Eropa dan Amerika yang terdapat masyarakat keturunan Tionghoa juga merayakan tahun baru cina dengan meriah. Salah satu nya adalah London, yang memiliki perayaan Imlek paling meriah dan besar di luar Asia.

Festival Imlek biasanya diadakan di Trafalgar Square yang mengadakan rangkaian kegiatan seperti perlombaan pawai tarian naga dan singa yang diikuti oleh puluhan tim dan lomba menulis aksara Cina. Ada pula pertunjukan seni bela diri yang didatangkan langsung dari Cina. Festival ini juga menyajikan lebih dari 100 restoran di kota London dengan sajian kuliner khas Tiongkok untuk menghormati penduduk yang merayakan Imlek.

Beijing, China

Tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan China ke dalam rekomendasi tempat terbaik merayakan Imlek. Di ibukota negeri tirai bambu, tahun baru cina dirayakan secara meriah dengan berbagai parade atau festival serta gemerlap kembang api yang menghiasi tiap sudut kota. Selain berkumpul menikmati hidangan bersama keluarga, masyarakat juga akan berbondong-bondong mengunjungi kuil atau taman untuk menyaksikan festival.

Temple of Heaven dan Summer Palace merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi masyarakat lokal maupun wisatawan untuk merayakan Imlek di Beijing. Di tempat ini akan diadakan acara perayaan tahun baru seperti berbagai pertunjukan barongsai, opera, sampai pekan klenteng.

CEK UPDATE PROMO

*Harap periksa terlebih dahulu aturan dan regulasi negara terkait, dari situs web imigrasi negara tersebut, untuk bepergian selama masa COVID-19 sebelum membeli tiket.

*Please check Country Wise Rules & Regulations from country spesific immigration website for travelling due to COVID-19 before purchasing ticket.

Leave a comment

Newsletter subscribe