March 19, 2019 2 min to read

Pertama Kali Mendaki Gunung? Simak Dulu Beberapa Tips Berikut Ini

Category : Destination, Holiday, Travel Tips

Mendaki gunung sudah menjadi kegiatan populer bagi para pecinta alam. Tak hanya pecinta alam, masyarakat biasapun sudah mulai tergiur mendaki gunung. Hiking (mendaki gunung) merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Mengapa begitu? Karena suatu kebanggan tersendiri bagi orang yang bisa mencapai puncak gunung yang didakinya. Mendaki gunung harus membutuhkan fisik yang prima, apalagi bagi para pemula. Bagi kamu para pemula, dianjurkan untuk mengikuti tips yang kami berikan agar pendakian kamu dapat berjalan dengan lancar. Berikut tipsnya:

 

Pilihlah Gunung Khusus Untuk Para Pemula

 

Impianmu mungkin ingin menginjakan kaki di gunung tertinggi di Indonesia. Namanya impian, boleh saja lah ya. Tapi perlu diingat, kamu adalah pemula, belum saatnya untuk mendaki gunung yang memiliki puncak tinggi. Pilihlah gunung yang bersahabat khusus bagi para pemula. Hal itu akan mengukur seberapa besar ketahanan fisikmu dalam mendaki sebuah gunung. Ada banyak kok gunung khusus para pendaki, kamu boleh googling untuk mendapatkan refrensinya.

 

Olahraga Rutin dan Persiapkan Mental

Ini merupakan hal yang wajib kamu tekuni selama masa persiapan mendaki. Olahraga rutin ini akan membantu daya tahan tubuh kamu ketika mendaki gunung. Selain itu, kegiatan rutin sebelum mendaki ini akan membuat otot-ototmu semakin kuat dan dapat beradaptasi saat mendaki. Setidaknya, kamu harus mempersiapkan hal ini tiga bulan sebelum mendaki. Lakukanlah olahraga yang mampu meningkatkan daya tahan jantung, seperti jogging, lompat tali, bersepeda, atau berenang. Selain persiapan fisik, hal yang harus kamu lakukan ialah persiapkan mental.

 

Beritahu Orang Tua/Orang Terdekat

Sebelum berangkat mendaki, sebaiknya kamu minta izin terlebih dahulu pada orang terdekat, khususnya orang tua. Beritahu kapan kamu akan mendaki, kapan akan pulang, dan akan sampai di rumah. Dengan begitu, mereka bisa memprediksi hal yang kamu lakukan dan kapan mereka harus segera mencari pertolongan jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Jika kamu pulang tak sesuai rencana dengan alasan ingin menikmati keindahan gunung ‘lagi’, silakan menghubungi orang tua/orang terdekat agar mereka tak khawatir. Sebelum berangkat, mintalah doa dari mereka agar perjalananmu aman dan lancar.

 

Perhatikan Barang Bawaan

Persiapkanlah barang bawaan dari jauh hari sebelum mendaki. Hal ini agar kamu bisa memprediksi apa saja barang yang harus di bawa. Bawahlah barang seperlunya agar perjalananmu tak terlalu merepotkan. Namun dalam pendakian gunung, ada beberapa barang yang wajib kamu bawa, seperti kompas/peta, kotak P3K, senter, pakaian cadangan, air mineral, dan makanan.

 

Pantau Kondisi Cuaca Sekitar Gunung

Cuaca mungkin hal yang harus kamu perhatikan lebih. Cuacalah yang menentukan kamu bisa mendaki atau tidak. Setidaknya, datanglah sehari atau beberapa jam sebelum mendaki. Di situ, kamu bisa melihat kondisi cuaca di sekitar gunung. Selain itu, kamu bisa memprediksi pakaian apa yang harus dipakai saat mulai mendaki. Namun jika cuaca tidak mendukung dan pihak pengelola tidak mengizinkan mendaki, jangan dipaksakan untuk mendaki.

Leave a comment

Newsletter subscribe