October 10, 2018 2 min to read

Meski Terkesan Angker, 4 Tempat Bersejarah di Indonesia ini Tak Kehilangan Pesona

Category : Destination, Holiday

Terdapat banyak tempat bersejarah di Indonesia yang sekaligus dianggap sebagai tempat angker. Selain suasana tempat yang mencekam, sejumlah tempat angker di Indonesia juga memiliki cerita mistis yang berkembang di masyarakat sekitar.

Berkat cerita mistis dan mencekam itu, justru tempat-tempat tersebut menjadi destinasi wisata yang selalu ramai oleh wisatawan. Inilah empat tempat bersejarah di Indonesia yang tidak pernah kehilangan pesonanya meskipun dianggap sebagai tempat angker.

1. Lawang Sewu, Semarang

Destinasi Lawang Sewu terkenal dengan seribu kisah horor di balik berdirinya seribu pintu. Sebagai salah satu tempat yang dianggap angker oleh masyarakat Indonesia, Lawang Sewu sering dijadikan tempat syuting sejumlah film atau reality show bertema horor. Beberapa adegan bahkan sempat menunjukan berbagai penampakan roh halus.

Bangunan ini terletak di pusat kota Semarang yang dijadikan simbol kejayaan era kolonial Belanda. Bangunan ini memiliki fisik yang kokoh dengan desain sangat estetik. Terdapat lorong-lorong bawah tanah sebagai sarana sirkulasi udara. Meskipun terkesan angker, Lawang Sewu tetap tidak kehilangan pesona uniknya dan selalu ramai oleh wisatawan.

2. Gunung Merapi, Yogyakarta

Gunung yang sangat aktif dengan ramalan periode letusan setiap lima tahun sekali ini memiliki daya tarik tersendiri berkat keindahan alam yang tidak terbantahkan. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia untuk menikmati keindahan gunung yang berada di 3000 meter di atas permukaan laut ini.

Konon Gunung Merapi dianggap sebagai tempat angker dengan cerita keberadaan kerajaan tak kasat mata yang menjadi pengendali gunung dan lingkungan sekitar Merapi. Pasar Bubrah menjadi lokasi dengan cerita mistis yang banyak dikunjungi. Letaknya yang hampir mendekati puncak gunung, Pasar Bubrah lantas sering dijadikan tempat berkemah dan memburu sunrise.

3. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai yang menjadi bagian dari Samudera Hindia ini terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Banyak cerita mistis yang menjadikan pantai ini dianggap angker, yakni keberadaan Nyi Roro Kidul. Konon Kanjeng Nyai Roro Kidul merupakan sang penguasa pantai selatan yang harus selalu dihormati.

Lantas mitos ini menyebutkan bahwa setiap pengunjung tidak diperkenankan datang bersama sang kekasih. Alasanya, jika datang berdua dengan kekasih lantas hubunganya akan akan berakhir setelah kembali dari pantai ini. Meskipun demikian, Pantai Parangtritis tidak kehilangan pesona alamnya. Gemuruh ombak yang saling bersahutan setiap detiknya nyatanya selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke pantai selatan ini.

4. Gunung Kawi, Malang

Gunung Kawi terletak di dekat Gunung Butak yang juga dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Tempat ini dijadikan sebagai sarana pendakian dan ziarah pesarean. Setiap Jumat Legi, banyak aktivitas ritual yang dilakukan di tempat ini, misalnya pemakaman Eyang Jugo (Kyai Zakaria II).

Tidak hanya itu, konon Gunung Kawi juga dijadikan sebagai sarana mencari pesugihan dan tumbal bagi sejumlah pengunjung yang datang. Meskipun terkesan angker lantas tidak menghilangkan pesona keindahan gunung ini. Banyak wisatawan yang sering berkunjung ke Gunung Kawi untuk menikmati keindahan dan pesona alamnya.

 

Itulah tempat tempat angker di Indonesia yang memiliki pesona unik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang penasaran, tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan kamu dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Jangan lupa untuk melengkapi liburanmu ke berbagai destinasi di Indonesia maupun dunia bersama aneka promo liburan menarik di situs via.id/promo.

Situs via.id juga menyediakan beragam penawaran menarik, mulai dari tiket pesawat, kereta api, bus, hotel, hingga paket wisata. Tersedia promo dan diskon setiap harinya. Menarik, bukan? Yuk segera rancang liburan murah ke berbagai tempat di dunia hanya bersama via.com.

Leave a comment

Newsletter subscribe