October 7, 2019 2 min to read

Menyelusuri Keindahan Pantai Walakiri dan Pulau Weekuri di Sumba

Category : Destination, Holiday

Banyaknya destinasi wisata Indonesia yang menawarkan keindahan alam,  ternyata masih ada destinasi yang belum banyak terekpos. Salah satunya yaitu  Pulau Sumba.  Di sebut-sebut sebagai  surga yang tersembunyi , pulau ini memiliki keindahan panorama  yang luar biasa hingga  membuat Sumba kini menjadi tujuan traveling.

Terletak di Nusa Tenggara Timur, tak ada salahnya masuk list tujuan kamu traveling tahun ini. Pesona keindahan alamnya akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Pantai Walakiri

 

Salah satu surga tersembunyi di Sumba adalah Pantai Walakiri.  Letaknya yang cukup tersembunyi, di kawasan Pandawai, Sumba Timur , Nusa Tenggara Timur  menjadikan pantai ini tak banyak diketahui banyak orang walaupun sempat dipopulerkan oleh Mira Lesmana dalam filmnya Pendekar Tongkat Emas yang membuat pantai ini menjadi incaran wisatawan.

Hamparan pasir lembut yang membentang dengan deretan pohon kelapa dan cemara akan menyambut kamu di sana. Suasana tenang akan kamu rasakan, sehingga Pantai Walakiri ini cocok untuk kamu yang ingin membuang penat dari rutinitas sehari-hari.

Keunikan pantai ini yaitu memiliki hutan mangrove yang akan membuat kamu jatuh cinta. Selain itu, Pantai Walakiri memiliki 2 jenis tekstur pasir, yaitu antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut. Pasir di tepi pantai memiliki tekstur seperti pasir pada umumnya, yaitu berwarna putih gading. Sedangkan tekstur pasir yang berada di area bekas laut lebih halus seperti semen atau bedak basah yang kemudian mengering dan mengeras. Uniknya, perbedaan keduanya bisa kamu lihat dengan adanya garis batas yang jelas.

Dengan pesona keindahan yang Pantai Walakiri tawarkan, tentu saja menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Apa lagi untuk menyaksikan sunset cantik yang akan membuat  kamu terkagum-kagum terpesona dan tak tahan untuk berfoto.

Baca Juga Artikel Destinasi Air Terjun di Indonesia

 

Danau Weekuri

Satu lagi keindahan surga tersembunyi di Sumba adalah Danau Weekuri. Terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.  Nawa Weekuri ini berasal dari Bahasa Sumba yang artinya air percikan. Hal itu disebabkan karena danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk laguna tersendiri.

Pulau Weekuri memiliki air yang jernih, warnanya  hijau kebiru-biruan. Pulau ini juga tergolong unik karena memiliki kadar garam yang tinggi, oleh karena itu airnya asin. Hal ini disebabkan karena kandungan air pada Danau Weekuri ini yaitu asin dan payau. Untuk dapat mengakses pulau indah ini memang tergolong rumit. Karena jalannya ditutupi oleh hutan yang rindang, semak belukar, dan tebing karang, serta lokasi yang jauh dari keramaian kota.

Pesona keindahan Pulau Weekuri ini bak surga yang tersembunyi memang benar nyata adanya. Kamu akan dimanjakan oleh pesona kejernihan air danau yang bening seperti kaca juga kecantikan gradasi warna dari beberapa titik sumber air dengan suasana asri dan sejuk akan membuat kamu nyaman seketika dan melupakan kepenatan rutinitas. Kedalaman air di sana cukup aman untuk kamu yang tak tahan untuk berenang atau melakukan aktifitas air yang menyenangkan. Tapi ingat untuk tetap harus berhati-hati.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri ini yaitu pada sore hari, pukul 4 sore. Kamu akan melihat fenomena cantik yang tak terlupakan. Karena pada sore hari matahari akan condong ke barat, sehingga warna langit yang biru akan memantulkan cahaya ke danau tersebut. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menikmati matahari terbenam dari atas puncak bukit karang.

Gak sabar pengen liburan ke Sumba untuk mengunjungi Pantai Walakiri dan Pulau Weekuri? Buruan cek tiket pesawatnya di via.id. Rasakan pengalaman tak terlupakan destinasi bak surga di Sumba.

Cek Di Sini untuk Penawaran Lainnya

 

Leave a comment

Newsletter subscribe