May 14, 2020 2 min to read

LIBURAN SETELAH PANDEMI? SIMAK FAKTA & TIPS BERIKUT

Category : Uncategorized

Pasti banyak diantara Vrens yang sudah bosan berdiam diri di rumah selama kurang lebih 2 bulan dan terpaksa menunda perjalanan karena wabah COVID-19. Setelah pandemi berakhir, liburan dan traveling akan menjadi momen yang paling ditunggu masyarakat setelah masa karantina. Bahkan, terlalu lama berdiam dirumah membuat beberapa traveller mengutarakan perasaan ‘kangen’ nya dengan membuat tagar #WhenWeTravelAgain di media sosial beberapa waktu lalu.

Namun, berlibur setelah pandemi yang mewabah banyak negara di dunia membuat liburanmu pasti tidak akan semudah sebelum pandemi terjadi. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah fakta dan tips liburan setelah wabah Corona yang perlu kamu tau!

Musim Traveling Berlangsung Lebih Lama

Setelah pandemi berakhir, dunia travel tidak akan langsung pulih 100%. Beberapa kebijakan saat masa karantina pun masih akan diberlakukan, salah satu nya social distancing. Bus, kereta, dan pesawat tampaknya akan terus membatasi jumlah penumpang untuk mengantisipasi terjadinya penularan kembali. Proses tersebut pasti akan berlangsung lama dan turut mempengaruhi musim traveling, sampai keadaan benar-benar normal kembali.

 

Proses Keberangkatan Lebih Rumit

Sebelumnya saat Vrens melakukan perjalanan dengan pesawat, kereta, atau bus, proses yang harus dilakukan mungkin hanya pemeriksaan tiket, boarding pass, KTP/Paspor/dokumen lain, serta bagasi. Namun setelah pandemi, sepertinya kamu juga akan dimintai untuk melakukan tes suhu tubuh, test COVID-19, bahkan diwajibkan untuk membawa surat keterangan dokter untuk memastikan bahwa kamu dalam keadaan benar-benar sehat untuk melakukan perjalanan. Semua proses tersebut pasti akan memakan waktu yang cukup lama dan lebih rumit pastinya.
Travel Dalam Negeri Akan Lebih Cepat ‘Pulih’

Dunia travel dalam negeri (Domestik) akan lebih cepat ‘pulih’ dan banyak diminati, alasannya karena proses pemulihan dunia travel akan dilakukan secara bertahap dan destinasi yang bisa dijangkau pun masih terbatas. Untuk itu, kamu bisa merencanakan dan membuat list destinasi dalam negeri untuk dikunjungi. Secara tidak langsung, kamu juga sekaligus ikut mempromosikan pariwisata Indonesia yang tidak kalah dengan destinasi traveling Internasional.
Meski nantinya Pemerintah akan mengizinkan kembali masyarakat untuk melakukan perjalanan, namun ada beberapa hal yang tetap harus kamu perhatikan. Untuk melakukan perjalanan yang aman, berikut tips nya.

1. Selalu Gunakan Masker
Dalam melakukan perjalanan kita akan kembali bertemu dengan banyak orang, selalu gunakan masker dan ganti dengan masker yang baru setiap hari.

2. Rajin Mencuci Tangan
Saat traveling kamu mungkin tidak akan ingat habis memegang apa saja. Untuk mencegah kembali penularan, cuci lah tangan minimal 20 menit sekali atau sebelum kamu menyentuh anggota tubuh atau setelah memegang barang apapun.

3. Rutin Cek Kesehatan Tubuh
Bawa termometer untuk memantau kondisi tubuh sepanjang perjalanan. Jaga selalu kesehatan dengan minum vitamin, istirahat cukup, dan bawa obat-obatan pribadi.

4. Perhatikan Kebersihan Makanan
Kebersihan menjadi prioritas utama yang masih dan akan selalu harus diperhatikan. Pilih lah makanan yang sehat dan terjamin kebersihannya.

5. Wajib Membawa Barang-Barang Ini
Selain membawa pakaian, charger, gadget, serta toiletries, kamu juga wajib menyiapkan ruang khusus dalam tas atau koper untuk sabun cuci tangan, hand sanitizer, tisu basah/kering, juga obat dan vitamin pribadi.

Vrens, saat ini keadaan memang belum benar-benar normal, serta belum ada pernyataan resmi Pemerintah terkait diizinkan nya kembali aktivitas traveling. Yang bisa kita lakukan hanya sedikit bersabar dan terus menjaga kesehatan, ya!

Leave a comment

Newsletter subscribe