April 2, 2019 2 min to read

Liburan ke Wonosobo? Kunjungi 5 Tempat Berikut ini

Category : Destination, Holiday

Wonosobo, merupakan wilayah yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan setiap tahunnya. Tak heran kalau Wonosobo selalu ramai pengunjung, karena wilayah yang berada di Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi menarik di dalamnya. Selain itu, udara dingin yang  selalu menyelimuti kota tersebut, menambah kenyamanan para pengunjung yang datang. Nah kalau kamu ingin berkunjung ke Wonosobo, kamu wajib mengunjungi beberapa tempat ini. Berikut kami akan sajikan tempat yang harus kamu kunjungi di Wonosobo.

Bukit Sikunir

Siapa yang tak kenal tempat ini? Bukit Sikunir, merupakan salah satu tempat rekreasi yang wajib kamu kunjungi saat di Wonosobo. Tempat ini telah menjadi ikon wisata Wonosobo dikalangan wisatawan. Bukit yang berlokasi di Desa Sembungan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Bukit Sikunir mempunyai tinggi kurang lebih 2.263 mdpl, sehingga banyak yang ditawarkan ketika kamu berkunjung ke tempat ini. Kamu bisa melihat indahnya sunrise dari Puncak Sikunir. Selain itu, kamu juga akan melihat pemandangan indah dari gagahnya gunung yang mengelilingi Bukit Sunir.

 Foto: indo.balitourismboard.or_.id

Agrowisata Tambi

Kalau kamu ingin santai dan refreshing dari hiruk pikuk kota, tempat ini sangat rekomended untuk kamu. Agrowisata Tambi, merupakan kawasan perkebunan teh luas yang terletak di bawah kaki Gunung Sindoro. Ketenanganmu akan bertambah, karena tempat ini mempunyai udara yang sejuk dengan suhu berkisar 15 – 24 derajat celcius. Kamu juga bisa beraktivitas di Agrowisata Tambi ini, aktivitas tersebut meliputi, bermain tenis, memancing, hingga berkunjung ke pabrik teh untuk melihat langsung proses produksi teh di Agrowisata Tambi.

Foto: lelungan.net

Curug Sikarim

Jika kamu suka mempunyai jiwa petualang dan suka dengan tantangan, coba deh kunjungi Air Terjun Sikarim atau yang sering disebut Curug Sikarim. Curug ini terletak di Desa Mlandi , Kecamatan Garung. Untuk sampai ke Curug Sikarim, kamu harus menempuh perjuangan yang berat, lho. Pengunjung akan melewati jalan berliku dan rusak, sehingga menyulitkan kamu untuk sampai ke Curug Sikarim. Di sepanjang jalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari perbukitan dan ladang pertanian warga setempat. Nah sesampainya di Curug Sikarim, perjalanan berat dan rasa lelahmu, akan terbayar lunas dari indahnya air terjun Sikarim.

 

Candi Dieng

Tempat selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ialah Candi Dieng. Tempat wisata yang mempunyai sejarah panjang ini terdiri dari beberapa candi. Tempat wisata ini memiliki lahan seluas 800 meter dan berada di ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Candi ini memiliki tiga kelompok blok yang berisikan candi-candi megah, seperti kelompok Gatutkaca, kelompok Dwarawati, kelompok Arjuna, dan Candi Bima.  Uniknya, masing-masing kelompok tersebut memiliki keunikan yang berbeda. Menarik, kan?

Foto: jatengkita.id

Alun-Alun Wonosobo

Jika sudah puas dengan wisata alam Wonosobo, kamu wajib mengunjungi ikon wisata Wonosobo, yaitu Alun-Alun Wonosobo. Belum lengkap rasanya jika ke Wonosobo namun tak mengunjungi alun-alunnya. Alun-Alun Wonosobo merupakan alun-alun terindah yang ada di Pulau Jawa. Suasana alun-alun ini sangat nyaman untuk kamu kunjungi karena terdapat lapangan hijau, pepohonan rindang, hingga pemandangan dari Gunung Sumbing dan Sindoro. Selain itu, di sini juga terdapat jajanan khas Wonosobo lho yang wajib kamu coba.

Gimana, menarik bukan tempat wisata di Wonosobo? Nah bagi kamu yang penasaran dengan beberapa tempat tersebut, silakan rencanakan liburanmu bersama orang terdekat untuk berkunjung ke Wonosobo. Jangan lupa beli tiket pesawat di via.id.

Leave a comment

Newsletter subscribe