September 7, 2020 2 min to read

LIBURAN KE BANDUNG KURANG LENGKAP TANPA COBA 4 KULINER INI

Category : Culinary, Holiday

Selain menawarkan beragam destinasi dan tempat wisata yang menarik bagi keluarga, Bandung juga menjadi salah kota yang menyajikan berbagai kuliner yang telah dikenal para wisawatan yang berkunjung ke kota kembang ini.

Baca Juga Rekomendasi Tempat Hits di Bandung

Mulai dari makanan tradisional tempo dulu hingga makanan yang lebih modern dan disukai oleh kalangan muda ada di sini. Meski di Bandung telah menjamur ragam makanan dengan rasa dan tampilan yang lebih kekinian, 4 makanan khas dengan rasa yang unik ini tidak boleh kamu lewatkan dan wajib dicoba jika sedang berkunjung ke Bandung.

Surabi

Jajanan yang terbuat dari tepung dan memiliki kemiripan dengan olahan pancake ini memang tidak hanya terdapat di Bandung saja. Selain di pulau Jawa, Serabi atau surabi juga bisa ditemui di pulau Sumatera Barat, Sumatera Utara bahkan Jakarta. Namun, surabi lebih dikenal masyarakat sebagai salah satu jajanan khas dari kota Bandung. Awalnya, surabi dibuat menggunakan tepung sebagai bahan dasar. Adonan kemudian dibakar di atas tungku  dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari tanah liat. Rasa yang dihadirkan pun masih sebatas asin dan gurih dari campuran kuah gula. Namun seiring berjalannya waktu, surabi saat ini telah memiliki banyak varian dengan isian nangka, coklat, keju, pisang, durian hingga oncom untuk rasa asinnya.

Mie Kocok

Mie telah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Mie juga banyak diolah secara berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Di Bandung, mie diolah sedemikian rupa menjadi makanan dengan rasa kuah yang gurih dan disebut mie kocok. Mie kocok memiliki rasa yang memanjakan lidah dengan bumbu rempah, serta kaldunya yang menggugah selera. Untuk isiannya sendiri biasanya terdiri dari mie kuning, potongan kikil dan sum-sum, serta daun seledri dan bawang goreng untuk penambah rasa. Kuah kaldu yang bercampur dengan lemak dari sum-sum akan semakin menambah kenikmatan cita rasa.

Colenak

Colenak merupakan singkatan dari dicocol enak. Kudapan ini terbuat dari peyeum (tape) yang dibakar, kemudian disiram dengan gula merah kental dan diberi parutan kelapa diatasnya. Makanan ini menjadi salah satu kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1930-an. Rasa dari colenak juga mengalami perubahan. Kini, tersedia rasa nangka atau durian yang bisa kamu pilih selain rasa original nya.

Bandrek

Dibuat dari campuran bahan-bahan alami seperti jahe, gula merah, serai, pandan dan rempah lainnya, menjadikan minuman yang satu ini sebagai minuman hangat yang menyehatkan. Rasa dari jahe akan menghangatkan badan dari cuaca Bandung yang dingin. Bandrek juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan menjaga stamina agar tetap fit dan bugar. Untuk menemukan minuman ini tidaklah sulit, kamu bisa menemukannya dari di restaurant yang menjual kuliner khas Bandung, hingga warung-warung tenda di pinggir jalan.

Leave a comment

Newsletter subscribe