July 8, 2021 1 min to read

Keberadaan Komodo Masa Kini

Category : Destination

Vrens, apakah kamu tertarik dengan eksotisme komodo yang berada di Taman Nasioanal Komodo? Namun, apakah kamu sudah mengenal dan mengetahui keberadaan fauna endemik Indonesia itu di masa kini? Berikut ini ada informasi menarik untuk kamu seputar komodo!

Komodo termasuk reptilia dan genus Varanus ini hanya ada di Indonesia, tepatnya di daerah Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Komodo adalah hewan purba yang masih bertahan hidup dan berkembang biak. Namun, status komodo adalah dilindungi akibat populasinya yang sudah sedikit. Populasi komodo terus berkurang akibat iklim dan habitatnya yang berubah serta berkurangnya mangsa mereka.

Komodo pertama kali ditemukan oleh orang Belanda dan diidentifikasi pertama kali oleh Zoologi bernama Pieter Ouwens. Ia mengidentifikasi bahwa hewan itu bukan buaya yang besar melainkan kadal raksasa. Hal itu merupakan penemuan baru dalam dunia ilmu pengetahuan dan hanya ditemukan di Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan, hewan ini memiliki tubuh yang besar. Panjangnya bisa mencapai 3 meter sedangkan beratnya bisa mencapai 100 kg. Tapi, besar rata-rata komodo yang dapat ditemui sepanjang 150 cm dan berbobot 70 kg. Kulitnya cukup tebal dan umumnya berwarna abu-abu, coklat, dan hijau pada komodo betina. Larinya sangat lincah terutama di dataran seperti savanna. Komodo juga memiliki panjang ekor yang sama panjang dengan tubuhnya.

Saat ini, diperkirakan junlah komodo kurang lebih 3.000 ekor yang tersebar di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Sayangnya, statusnya semakin mengkhawatirkan karena masalah ekologi, seperti menurunnya kualitas lingkungan sekirarnya hingga kuantitas makanan dan satwa lain di sekitarnya. Produktivitas perkembang biaknya pun dikhawatirkan menurun karena jumlah komodo betina yang sedikit. Untuk itulah komodo terus dilindungi dan diupayakan untuk tidak cepat punah.

Dengan mengunjungi Taman Nasional Komodo, kamu bisa ikut berkontribusi menyelematkan keberadaannya. Jika kamu ingin berlibur ke sana dan menikmati keindahan alam lainnya di Labuan Bajo yang berada di dekatnya, tentunya kamu wajib menjaga kelestarian lingkungan alamnya!

Untuk melihat eksotisme komodo, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti tour Labuan Bajo. Paket tour Labuan Bajo yang seru dapat kamu pesan di sini!

Download Itinerary Labuan Bajo

Leave a comment

Newsletter subscribe