July 20, 2020 2 min to read

KEAJAIBAN DANAU BAIKAL DI RUSIA

Category : Destination, Holiday

Vrens, punya rencana untuk traveling ke Rusia? Jika iya, kamu wajib memasukkan salah satu destinasi mempesona yang berada di negeri tirai besi ini kedalam list destinasi kamu. Danau Baikal, sebuah danau menakjubkan yang terletak di Selatan Siberia, Rusia ini memiliki arti ‘danau yang kaya’ (dari bahasa Tatar, Baik-Kul) yang memiliki beragam fakta menarik yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

Danau terdalam di dunia

Danau Baikal berisi air tawar sekitar 20% dari seluruh air tawar di dunia, atau sekitar 90% dari seluruh air tawar di Rusia. Kedalaman dari danau ini juga sangat luar biasa, bahkan memecahkan rekor dunia sebagai danau terdalam di dunia. Kedalaman danau Baikal bisa mencapai hingga 1.700 m. Tidak heran jika danau ini lebih sering disebut laut oleh warga sekitar karena kedalamannya yang tidak biasa untuk ukuran sebuah danau. Danau ini juga memiliki luas wilayah sekitar 31.500 km persegi, diperkirakan luas danau ini hampir seluas wilayah Belgia.

Sering dilanda gempa

Tidak hanya keindahannya saja yang menarik perhatian, fakta lain yang cukup mencengangkan adalah danau ini ternyata mengalami gempa berkekuatan kecil sebanyak 2000 kali dalam setahun! Fenomena ini diakibatkan dari pergerakan lempeng-lempeng besar bumi. Jika ditelaah lebih jauh, danau ini pun terbentuk alami karena adanya gerakan-gerakan dalam zona perpecahan tektonik yang terjadi jutaaan tahun lalu.

Membeku saat musim dingin tiba

Mulai bulan Januari hingga Mei, Siberia memasuki musim dingin yang suhunya bisa mencapai -19 sampai -21 derajat celcius. Selama lima bulan itulah, permukaan air danau Baikal akan membeku menjadi es. Uniknya adalah gelembung-gelembung tak biasa, yang muncul dibalik bekuan es yang merupakan gas metana yang dilepaskan oleh algae dari bawah danau. Biasanya bekuan es memiliki ketebalan sekitar 0,5 – 1,4 meter. Dengan ketebalan seperti itu, permukaan es bahkan bisa dilewati oleh kendaraan dengan kapasitas lebih dari 15 ton! Tapi tetap harus menjadi perhatian, karena berkendara melintasi Danau Baikal tanpa ijin adalah ilegal.

Tempat tinggal beragam jenis spesies endemik

Danau Baikal merupakan salah satu danau terbersih dan jernih di dunia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya Epischura baikalensis, yaitu krustasea yang sangat kecil atau binatang yang tugasnya menyaring lumut dan bakteri. Sehingga menjaga kejernihan air danau tersebut. Menjadi danau terbersih, tentu saja menjadikannya ‘rumah tinggal’ bagi banyak jenis makhluk hidup endemik yang berjumlah sekitar 1.455 spesies. Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan satu-satunya spesies anjing laut yang hidup di air tawar bernama Nerpa.

Bagaimana, Vrens? Tertarik untuk mengunjungi salah satu danau dengan beragam keunikannya tersebut? Jika Anda ingin mengunjungi Danau Baikal, jangan lupa untuk cek status cuaca sebelum berkunjung ke sana ya.

Leave a comment

Newsletter subscribe