May 5, 2021 1 min to read

Idul fitri Kala Pandemi: Suasana Idul Fitri di Indonesia

Category : Uncategorized

Bagi kamu yang muslim, tentu kamu sangat menantikan dan merindukan suasana idul fitri. Idul fitri merupakan momen untukmu bersilaturahmi dengan keluarga, bahkan hingga yang jauh dan jarang bertemu. Idul fitri juga merupakan momen kamu bisa merasakan serta merayakan kemenangan dengan segala kemeriahan setelah melewati bulan Ramadan. Segala bentuk perayaan seperti dekorasi khas, makanan dan minuman spesial, hingga berwisata bersama keluarga juga dapat kamu rasakan di momen idul fitri.

Sayang, momen-momen indah semacam itu kurang dapat dirasakan sejak tahun 2020 saat wabah COVID-19 yang menyerang berbagai daerah di belahan dunia seakan tidak bisa dibendung. Kita dipaksa untuk membatasi aktivitas dan membiasakan diri dengan new normal. Segala kegiatan coba diadaptasi ke dalam bentuk baru yang lebih aman. Momen lebaran idul fitri juga merasakan hal yang sama.

Sejatinya, idul fitri dapat kita rayakan dengan meriah. Seperti yang biasa kita lakukan di negeri tercinta, Indonesia yang merupakan salah satu negara muslim terbesar di Asia yang terbiasa merayakan hari kemenangan dengan meriah. Idul fitri biasa dirayakan masyarakat Indonesia bahkan dari sebelum harinya datang dengan mempersiapkan segala keperluan, seperti makanan khas, baju baru, merapikan rumah untuk menyambut tamu, atau pulang ke kampung halaman. Perayaan idul fitri di Indonesia juga kental dengan makanan khas, yaitu ketupat yang juga menjadi simbol perayaannya.

Bagi kamu yang ingin merayakan momen idul fitri bersama dengan keluarga yang berada di dekatmu, jangan khawatir. Kamu masih bisa melakukannya karena pemerintah mengizinkan delapan wilayah aglomerasi yang diperbolehkan mudik lokal pada 6–17 Mei 2021. Wilayah-wilayah tersebut meliputi Jabodetabek, wilayah Bandung Raya, Yogyakarta Raya, Solo Raya, serta beberapa daerah di Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Kemeriahan perayaan idul fitri tentu sangat dirindukan. Kita sebenarnya tetap dapat merayakan idul fitri dengan segala kemeriahannya asal tetap menegakkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih meluas. Semoga kita masih bisa merasakan dan merayakan idul fitri sebagaimana biasanya.

Penawaran menarik transportasi KA? Cek di sini!

Nikmati Perjalanan dengan Kereta Api

Leave a comment

Newsletter subscribe