May 17, 2021 1 min to read

Hutan Kera Suci di Ubud yang Tak Boleh Dilewatkan

Category : Destination, Holiday, Travel Tips

Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat diminati. Wiasatawan lokal maupun internasional masih sangat meminati Bali sebagai tempat berwisata. Pesona alam berupa hamparan pantai dan laut serta budayanya yang eksotis menjadi daya tarik sendiri. Pantai Kuta, Nusa Dua, Jimbaran, Sanur, dan pantai-pantai lainnya terasa wajib dikunjungi. Daerah lain seperti Ubud dan Kintamani juga tak boleh kelewatan untuk kamu kunjungi. Nah, untuk kamu yang ingin ke Bali, khususnya ke Ubud, berikut ada rekomendasi menarik untuk kamu.

Destinasi wisata di Ubud yang sayang jika kamu lewatkan adalah Hutan Kera Suci yang terletak di Jalan Monkey Forest. Destinasi ini merupakan salah satu kawasan hutan lindung dan cagar alam. Hutan Kera Suci juga dikenal dengan Monkey Forest Ubud dan Sacred Monkey Forest Sanctuary. Namun, nama resmi Hutan Kera Suci adalah Mandala Wisata Wenara Wana.

Hutan Kera Suci dijadikan tempat pelestarian kera atau monyet dan juga hutan lindung yang berakar pada konsep Tri Hita Karana yang berarti tiga penyebab kebahagiaan. Hutan tersebut menjadi tempat wisata juga cagar alam untuk menjaga keseimbangan hidup manusia, Tuhan, dan alam. Ketiga hal itu dianggap sebagai tiga faktor kebahagiaan bagi umat manusia. Hutan ini memiliki luas sebesar sekitar 12,5 hektar.

Di dalam Hutan Kera Suci ini terdapat pura agung dan suci bagi umat Hindu, yaitu Pura Dalem Agung Padangtegal, juga candi-candi kecil lainnya yang indah. Selain itu, terdapat pula Pura Prajapati dan Pura Beji yang dikhususkan untuk ibadah. Selain untuk beribadah, tentunya dengan pakaian adat lengkap, kamu hanya dapat menikmati keindahan arsitekturnya dari luar.

Kamu dapat menikmati indahnya hutan yang masih hijau dan asri di dalam Hutan Kera Suci, Ubud. Kecantikan hutan yang berpadu dengan pura dan candi yang terdapat di sana akan semakin membuatmu merasa terbuai dalam kedamaian selama menjelajahi tempat itu. Tentunya, kamu juga akan bertemu dengan ratusan monyet yang bergelayutan, berdiri, duduk, ataupun bermain di pohon-pohon serta di tepi jalan setapak sepanjang Hutan Kera Suci.

Jika kamu berminat ke Hutan Kera Suci atau Mandala Wisata Wenara Wana, kamu perlu menyiapkan beberapa hal. Pertama, kamu harus menyimpan barang-barang berhargmu di sebuah tas dan hindari menggunakan perhiasan agar tidak mengundang kera yang usil. Selanjutnya, kamu tidak boleh menginjak dan berjalan di atas kawasan yang dilarang. Kamu juga tidak boleh menyakiti kera, memberi kera sembarang makanan, tidak boleh merokok, juga berlari dan menantang kera.

Temukan penawaran terbaik dari Via.com Indonesia untuk kamu di sini.

Paket Liburan Menarik untuk Kamu

Leave a comment

Newsletter subscribe