February 1, 2019 3 min to read

6 Kota di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Imlek

Category : Destination, Holiday, Travel Tips

Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki banyak ras, budaya, dan agama. Berbagai perayaan hari besar rutin dilaksanakan setiap tahunnya di kota-kota Indonesia, salah satunya adalah Imlek.  Dikarenakan  pesatnya perkembangan etnis Tionghoa di Indonesia, menjadikan Imlek sebagai hari  besar yang rutin dirayakan setiap tahunnya. Setiap Imlek tiba, berbagai kota di Indonesia otomatis turut meriahkan tradisi tahun baru China itu. mau tahu kota mana selalu merayakan Imlek? Berikut ulasannya.

Grabek Sudiro – Solo

Warga Tionghoa di Solo rutin menggelar Grabek Sudiro setiap Imlek tiba. Perayaan Grabek Sudiro sangat kental oleh budaya Jawa. Tradisi ini merupakan suatu arak-arakan kue khas Tiongkok yang disusun menyerupai tumpeng. Arak-arakan ini biasanya dimulai dari Sudiroprajan sampai dengan Pasar Gede Harjonagoro dan dibarengi dengan pawai budaya Jawa bercampur Tiongkok. Puncak perayaan ini adalah ketika warga dihimbau untuk memperebutkan tumpeng yang diarak tadi. Selain itu, acara ini juga dilengkapi dengan berbagai macam hiburan khas Jawa dan Tiongkok seperti, barongsai, tarian tradisional, , pameran pakaian tradisional, dan masih banyak lagi.

Pasar Imlek Semawis – Semarang

Jika kamu sedang di Semarang saat Imlek, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Imlek Semawis, yang berada di kawasan Pecinan, kota Semarang. Biasanya, pasar ini digelar setiap tahunnya menjelang tahun baru Imlek. Di Pasar Imlek Semawis ini, kamu akan menemukan berbagai makanan khas  Semarang seperti Tahu Gimbal, Kue Moaci, Lumpia, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan tradisi khas Tiongkok seperti, pameran kaligrafi Tiongkok dan penampilan dari Barongsai.

Perang Air (Cian Cui) – Kepulauan Meranti

Saat Imlek, Kamu juga harus mengunjungi Selatpanjang, Kepualauan Meranti, Riau. Di sana, kamu akan melihat tradisi unik ketika Imlek tiba, yaitu perang air atau cian cui. Acara ini diisi oleh penyiraman air kepada peserta festival. Nantinya, warga akan berkumpul di pinggir jalan pada sore hari untuk menunggu peserta cian cui yang menggunakan becak motor melintas. Ketika peserta lewat, warga akan menyiramkan air ke arah peserta festival itu. Alat yang digunakan untuk menyiram pun beragam, seperti gayung, pistol air, modifikasi pipa air, dan masih banyak lagi.

Cap Go Meh – Bogor

Tak mau ketinggalan, Bogor juga mempunyai tradisi tahunan kala Imlek tiba. Tradisi itu dinamakan Cap Go Meh. Tradisi ini sudah menjadi tradisi tahunan di Bogor yang didukung oleh kementrian parawisata. Jika kamu berkunjung ke sini, kamun akan melihat beberapa atraksi khas Tiongkok seperti ritual pemindahan kimsin, penampilan barongsai, ritual tangsin, hingga meilhat arak-arakan Joli Tian Lo yang diarak keliling Vihara Dhanagun. Kamu  juga akan disuguhkan oleh penampilan dari budaya lokal. Selain itu, kamu juga bisa menikmati penampilan khas budaya lokal. Tujuan digelarnya Cap Go Meh ini adalah sebagai simbol semangat pluralism dan kemajemukan.

 

Pekan Budaya Tionghoa – Yogyakarta

Kemeriahan Imlek juga terasa di kota pelajar, Yogyakarta. Di sana, terdapat tradisi tahunan Imlek yang bernama Pekan Budaya Tionghoa. Biasanya, festival ini digelar di Malioboro, tapi untuk tahun 2018 kemarin, Pekan Budaya Tionghoa dilaksanakan di tiga tempat yaitu Malioboro, Kampung Ketandan, dan Alun-Alun Keraton Yogyakarta. Festival ini sudah berlangsung sejak tahun 2005 dan masih berjalan hingga kini. ketika festival ini berlangsung kamu akan menemukan banyak tukang jajanan kue khas Tiongkok seperti bakcang, kue moci hingga bakpao akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan atraksi dari lampu lampion yang bernuansa dengan Tiongkok.

Cap Go Meh – Singkawang

Perayaan Imlek juga dirayakan dengan meriah di Singkawang. Perayaan ini disebut dengan cap gomeh. Lain dengan perayaan cap gomeh di Bogor, cap gomeh di Singkawang cukup dengan atraksi ekstrim. Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung adalah pawai tatung yang diarak keliling kota. Tatung adalah se sosok manusia yang dirasuki oleh roh alus, ketika sudah dimasuki roh halus, biasanya para tatung akan menunjukan atraksi yang menegangkan semacam debus.

Itulah kota-kota di Indonesia yang wajib kamu kunjungi ketika Imlek. Tertarik berkunjung ke salah satu kota tersebut? Jangan lupa meriahkan liburan Imlekmu bersama via.com, banyak promo menarik tersedia. Klik link di bawah ini untuk melihat promo.

 

Klik Disini Untuk Melihat Promo

 

Leave a comment

Newsletter subscribe