July 6, 2020 2 min to read

HIDDEN GEMS DI PULAU JAWA UNTUK LIBURAN SINGKATMU

Category : Uncategorized

Vrens, weekend nanti berencana untuk liburan singkat ke luar Jakarta? Kalau kamu tidak ingin bepergian jauh, kamu bisa coba nih untuk mengunjungi ‘hidden gems’ atau surga tersembunyi yang masih berlokasi di beberapa daerah pulau Jawa. Bahkan kamu bisa mendatangi tempat-tempat berikut hanya dengan naik mobil, lho. Jadi tidak perlu repot karena harus naik pesawat kan. Berikut 5 tempat wisata tersembunyi yang bisa kamu masukkan kedalam list traveling kamu, Vrens!
1. Karang Taraje, Sawarna, Banten

Selain terkenal akan keindahan pantai Tanjung Layar, kamu juga wajib banget mengunjungi salah satu pantai unik yang masih berada di sekitaran Sawarna. Karang Taraje, pantai yang menyuguhkan pemandangan batuan karang yang dialiri air dari atas seperti air terjun. Jika dilihat dengan seksama, pantai ini seperti air terjun yang kemudian menyatu dengan laut. Unik banget kan! Nama Karang Taraje sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti bebatuan karang tangga. Nama ini tercipta karena struktur pantai yang terdiri dari banyak karang menyerupai tangga. Lokasi pantai ini berada 4 kilometer dari desa Bayah.
2. Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat

Berlokasi di kaki Gunung Gede terletak harta karun terpendam yang pastinya akan disukai oleh kamu yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan. Situ Gunung bisa kamu kunjungi dengan perjalanan kurang lebih 4 jam dari Jakarta ataupun Bandung. Situ Gunung masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang menjadi primadona di Jawa Barat bagi para pendaki. Dengan luas beberapa ratus meter, kamu bisa mendayung perahu mengitari danau yang tenang, mengunjungi air terjun sawer, atau menelusuri sekaligus berfoto diatas jembatan gantung kayu dengan panjang 250 meter, dan tinggi 150 meter. Jembatan ini juga menjadi spot foto favorit para wisatawan.

3. Goa Terawang, Blora, Jawa Tengah

Goa ini terbentuk karena endapan batu gamping pegunungan kapur dan berlokasi di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Jalur goa Terawang mencapai 190 meter dengan kedalaman 5 hingga 11 meter di bawah permukaan tanah. Di dalamnya terdapat stalakmit dan stalaktit yang diperkirakan berusia lebih dari 10 juta tahun lamanya. Selain pemandangan menakjubkan dari stalakmit dan stalaktit, kamu dapat menikmati pesona goa yang mengesankan dengan satwa kera baik kecil dan besar. Goa lain yang berada di sekitar Goa Terawang adalah Goa Kidang, Goa Breng, Goa Agung dan banyak lagi.

4. Pantai Jogan, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sama seperti keunikan Karang Taraje di Banten, Pantai Jogan juga menjadi tempat yang harus kalian tuju jika ingin menikmati pemandangan air terjun yang air nya mengalir langsung ke pantai laut selatan. Untuk mencapai Pantai Jogan, perlu waktu sekitar dua jam berkendara dari pusat Jogja. Bila ingin menikmati Pantai Jogan, kamu hanya bisa menikmatinya dari samping tebing. Tapi kalau kamu berani dan ingin menuruni tebing, kamu bisa melakukannya dengan cara rappelling atau canoying.

5. Teluk Ijo, Banyuwangi, Jawa Timur

Teluk ijo atau Green Bay masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Di kawasan berkarang dan berpasir putih ini, saat ombak bersahabat kamu bisa snorkeling atau bermain dengan ikan dan terumbu karang di dasar laut. Pantai teluk ijo memiliki garis pantai yang bersih, dengan warna air laut yang hijau jernih. Bukan biru seperti warna pantai biasanya, pasir di pantai ini pun halus dan tebal. Nama ‘ijo’ atau hijau dari teluk ini bukanlah tanpa alasan. Tidak seperti laut pada umumnya, Teluk Ijo menyajikan air laut yang berwarna kehijauan akibat pengaruh biota laut di dalamnya. Pesona laut hijau yang berpadu dengan pepohonan menjulang tinggi di sekelilingnya, benar-benar menjadi pemandangan yang dijamin memanjakan mata mu.

Leave a comment

Newsletter subscribe