May 11, 2020 2 min to read

GAK KALAH DARI BALI, 5 PANTAI DI JAWA BARAT INI WAJIB DIKUNJUNGI

Category : Uncategorized

Mungkin selama ini jika ditanya rekomendasi pantai menawan di Indonesia, mayoritas orang akan menjawab dengan nama pantai di Bali. Namun jangan salah, beberapa pantai di Jawa Barat ini juga patut kamu tengok, Vrens.
Lokasinya yang tidak berada jauh dari ibukota, menjadikan 5 pantai ini wajib banget masuk list traveling kamu untuk dikunjungi nanti setelah pandemi berakhir.

1. Pantai Pasir Putih, Pangandaran

Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih adalah salah satu pantai dengan keindahan eksotis pasir putih yang bersih di Jawa Barat. Berlokasi di kawasan konservasi Cagar Alam Panunjang Pangandaran, nuansa alami dan kebersihan pantai ini masih terjaga. Berbeda dengan beberapa pantai lain di Pangandaran yang memiliki pasir berwarna kecokelatan, menjadikan Pantai Pasir Putih memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
2. Pantai Pulau Peucang, Banten

Keindahan Taman Nasional Ujung Kulon memang tidak terbantahkan. Sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, pantai di pulau dengan nama lain Pulau Peutjang (Peucang) ini menjadi pantai yang telah memikat hati banyak wisatawan. Kejernihan air dengan warna biru-hijau yang memanjakan mata, ditambah dengan hamparan pasir putih yang berkilauan di bawah sinar matahari membuat Pulau Peucang jadi salah satu pantai terindah di Jawa Barat. Untuk menikmati keindahan Pulau Peucang, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 7-8 jam dari Jakarta. Pantai ini terletak di sebelah timur Nasional Ujung Kulon, tepatnya di selat Panaitan, Pandeglang, Banten.

3. Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya

Jika berkunjung ke Tasikmalaya, coba sempatkan untuk mendatangi pantai yang satu ini. Pantai Karang Tawulan menawarkan traveller pemandangan berbeda dibanding pantai di sepanjang pesisir selatan lainnya. Kamu bisa menikmati pemandangan laut serta hamparan batu karang di sekitar pantai dari atas perbukitan! Meski dikelilingi batu karang, namun pantai ini masih terbilang aman karena memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan di pantai ini.

4. Pantai Batu Hiu, Pangandaran

Tenang, kamu tidak akan menemukan sekelompok hiu di pantai ini. Diberi nama “Batu Hiu” karena memiliki karang yang mirip dengan ikan hiu saat air pasang terjadi. Bagi penyuka fotografi, pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai objek foto disaat matahari terbenam. Sayangnya, karang-karang kecil yang banyak tersebar di sekitar pantai membuat pengunjung tidak akan bebas untuk berenang karena bisa melukai jika tidak berhati-hati. Jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati sejuknya angin laut dan panorama sekitar pantai sambil menikmati berbagai menu seafood di beberapa warung makan yang tersedia.

5. Pantai Tanjung Layar, Banten

Jika berkunjung ke pantai ini, mungkin kamu akan langsung melihat dua tebing / karang yang menjulang tinggi dan terlihat menonjol dibandingkan dengan pemandangan sekitar. Dua bongkahan karang tersebut itu lah yang menginspirasi nama dari Pantai Tanjung Layar, karena ukuran karang yang besar dan berbentuk layar kapal di bibir pantai. Saat air pantai sedang surut pada siang hari, pengunjung dapat bermain dan berfoto disekitaran tebing. Uniknya, di pantai ini kamu juga bisa menghabiskan malam dengan berkemah di lahan khusus yang disediakan pengelola. Berlibur bersama keluarga menjadi semakin seru dan menyenangkan!

 

Bagaimana dengan beberapa rekomendasi pantai di Jawa Barat diatas? Kamu bisa loh, merencanakan dan memasukan destinasi tersebut kedalam list traveling untuk dikunjungi saat pandemi berakhir. Untuk saat ini, tetap fokus jaga kesehatan dan kebersihan ya, Vrens!

Leave a comment

Newsletter subscribe