July 26, 2021 1 min to read

FAKTA UNIK TENTANG CAMP LEAKEY-TANJUNG PUTING

Category : Uncategorized

Pesona Tanjung Puting terus menarik wisatawan untuk hadir dan menikmati segala pesonanya. Wisatawan asing pun masih terus berdatangan, khususnya untuk melihat eksotisme dan kelucuan tingkah orangutan yang merupakan fauna endemik di Tanjung Puting.

Lokasi utama yang wajib kamu kunjungi jika berminat berwisata ke Tanjung Puting adalah Camp Leakey. Untuk ke sana, kamu harus menyusuri Sungai Sekonyer kemudian trekking sekitar 20 menit. Berikut fakta unik dan menarik tentang Camp Leakey!

 

Nama Camp Leakey

Dibanding pusat rehabilitasi lainnya, mungkin nama Camp Leakey terdengar seperti nama dari daerah luar Indonesia atau Bahasa Melayu. Jangan heran Vrens, karena nama pusat konservasi tersebut memang diambil dari nama paleoantropologi asal Inggris, yaitu Dr. Louis Leakey. Nama itu diberikan oleh ilmuwan yang merupakan murid dari Dr. Leakey, yaitu Dr. Birute Mrija Filomena Gladikas, atau yang lebih dikenal dengan Dr. Birute Gladikas.

Awalnya, Camp Leakey dijadikan lokasi penelitian Dr. Gladikas mengenai kera besar untuk menguak kehidupan pra-manusia sesuai arahan Dr. Leakey. Dalam usaha itu, Dr. Gladikas juga melakukan usaha rehabilitasi orangutan. Usaha ini pun kemudian mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah Indonesia. Camp Leakey kemudian masuk menjadi bagian dari Taman Nasional Tanjung Puting sebagai usaha menyelematkan keberadaan orangutan di Kalimantan, khususnya di kawasan Tanjung Puting.

 

Lokasi rehabilitasi orangutan

Camp Leakey merupakan pusat rehabilitasi orangutan. Di lokasi ini, kamu akan benar-benar masuk ke dalam habitat asli orangutan. Di Camp Leakey juga dilakukan usaha penyelamatan orangutan yang sebelumnya telah terganggu kehidupannya akibat ulah usil manusia.

Kamu dapat mempelajari sejarah usaha penyelamatan orangutan di Tanjung Puting melalui pusat informasi yang ada di Camp Leakey. Di sana, kamu akan mendapatkan informasi lengkap melalui usaha yang telah dilakukan oleh Dr. Gladikas sejak tahun 1971 hingga kini. Infomrasi lengkap mengenai keberadaan dan kondisi orangutan akan tersaji dengan lengkap.

 

Feeding orangutan

Kamu akan diajak untuk melihat proses feeding atau pemberian makan orangutan. Namun, kamu tidak boleh memberikan makan secara langsung. Pemandu akan mempertunjukkan kepadamu tingkah laku unik dan lucu saat orangutan sedang makan.

Aktivitas ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan karena eksotisme orangutan benar-benar terlihat dalam kegiatan ini. Jika beruntung, kamu akan bertemu dengan “raja” di Camp Leakey, baik jantan maupun betina. Camp Leakey yang sangat luas membuat hal itu menjadi momen yang langka dan sangat dinantikan.

 

Mau tahu kegiatan seru lainnya dalam Tour Tanjung Puting? Cek di sini!

Pesan Paket Tour Tanjung Puting

Leave a comment

Newsletter subscribe