February 26, 2020 1 min to read

FAKTA MENARIK PATUNG MERLION DI SINGAPURA

Category : Destination, Holiday

Siapa sih yang nggak tahu Patung Merlion di Singapura? Ikon yang paling terkenal dan gak pernah dilewatkan oleh wisatawan ini memang sudah mendunia. Bahkan kurang lengkap rasanya jika ke Singapura tanpa mengabadikan momen di sana. Dibalik mendunianya ikon Merlion ini, yuk intip fakta seputar Patung Merlion.

– Sejarah Patung Merlion

Patung Merlion dirancang oleh Fraser Brunner pada tahun 1964 untuk badan Pariwisata Singapura (STB). Memiliki tinggi 8,6 meter dan 70 Ton, patung yang memiliki bentuk badan ikan dengan kepala singa ini menjadi landmark Singapura ini ternyata memiliki arti tersendiri. Kepala singa melambangkan sosok singa dan badan ikan yang melambangkan kota kuno Tamasek. Nah ternyata dahulunya Singapura ini merupakan sebuah perkampungan nelayan yang sederhana.

– Sebagai lambang penyambutan

Patung Merlion ternyata digunakan sebagai lambang penyambutan bagi orang yang berkunjung ke Singapura. Patung yang diresmikan oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew pada tangga 15 September 1972 ini memang ditujukan untuk siapapun yang datang ke sana. Kamu sudah pernah foto dekat Merlion Vrens?

CBaca Juga Destinasi Seperti Negeri Dongeng

Patung Utama Merlion

Vrens, patung asli dan utama dari Patung Merlion ini ternyata terletak di muara sungai Singapura, ada pun yang Patung Merlion Sentosa yang kabarnya akan dihancurkan ternyata bukan merupakan patung utama. Nah ternyata Singapura memiliki total tujuh Patung Merlion di Singapura lho.

Ada pun ketujuh Patung Merlion ini berada di tempat berbeda. Patung pertama, patung ada di Merlion Park. Kedua, patung kecil Merlion yang juga berada di Merlion Park. Ketiga, patung Merlion tertinggi yang ada di Sentosa. Keempat, patung Merlion setinggi tiga meter di puncak Gunung Faber. Kelima, patung Merlion berukuran tiga meter di markas Singapore Tourism Board di dekat Grange Road. Sedangkan dua patung Merlion lagi berada di kawasan pemukiman besar di Singapura yaitu Ang Mo Kio.

Patung Merlion memiliki replika di Negara lain

Cukup terkenal di Singapura, ternyata negara lain pun memiliki replika Patung Merlion seperti di Hakodate, Jepang.  Memiliki tinggi 8,6 meter dan didirikan pada tahun 1898 di Pantai Nanaehama. Patung ini ternyata direplika sebagai  sebagai simbol persahabatan antara Hokkaido dan Singapura.

Selain itu juga Patung Merlion replika terdapat di Nambo Paradise Botanical Gardens di Tateyama, Chiba, untuk menunjukkan hubungannya dengan Singapore Botanic Gardens.

Itu dia Vrens, fakta seputar patung berbadan ikan dan kepala singa yang ada di Singapura. Yuk, ajak teman, kerabat dan orang terdekat lainnya liburan ke sana  dan jelajahi Singapura dengan berbagai promo dan kejutan dari Via.

Lihat Di Sini Untuk Promo Menarik

 

Leave a comment

Newsletter subscribe