April 30, 2021 1 min to read

Eksotisme Komodo nan Garang

Category : Uncategorized

Kamu pasti sudah tahu tentang hewan komodo yang merupakan hewan endemik Indonesia, kan? Hewan yang termasuk reptilia dan genus Varanus ini hanya ada di Indonesia, tepatnya di daerah Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Komodo adalah hewan purba yang masih bertahan hidup dan berkembang biak. Namun, status komodo adalah dilindungi akibat populasinya yang sudah sedikit. Populasi komodo terus berkurang akibat iklim dan habitatnya yang berubah serta berkurangnya mangsa mereka.

Komodo pertama kali ditemukan oleh orang Belanda dan diidentifikasi pertama kali oleh Zoologi bernama Pieter Ouwens. Ia mengidentifikasi bahwa hewan itu bukan buaya yang besar melainkan kadal raksasa. Hal itu merupakan penemuan baru dalam dunia ilmu pengetahuan dan hanya ditemukan di Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan, hewan ini memiliki tubuh yang besar. Panjangnya bisa mencapai 3 meter sedangkan beratnya bisa mencapai 100 kg. Tapi, besar rata-rata komodo yang dapat ditemui sepanjang 150 cm dan berbobot 70 kg. Kulitnya cukup tebal dan umumnya berwarna abu-abu, coklat, dan hijau pada komodo betina. Larinya sangat lincah terutama di dataran seperti savanna. Komodo juga memiliki panjang ekor yang sama panjang dengan tubuhnya.

Komodo berkembang biak dengan bertelur. Namun, komodo cukup unik karena dapat berkembang biak tanpa proses perkawinan atau yang bisa disebut dengan Partenogenesis. Komodo merupakan hewan karnivora yang garang. Untuk melumpuhkan mangsanya, komodo dapat menyerang diam-diam dengan cara menggigit dan mencabiknya. Selain itu, komodo juga memiliki air liur yang berbakteri jahat sehingga bisa makin melemaskan mangsanya. Hewan ini juga memiliki indera penciuman yang sangat kuat karena dapat mencium mangsanya dalam radius 5—11 km.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Komodo hidup berdampingan sangat baik dengan manusia. Hal itu dibuktikan dengan masih adanya pemukiman penduduk di Pulau Komodo dan tidak dimangsa. Jika kamu ingin melihatnya secara langsung, kamu bisa berkunjung melalui Labuan Bajo dan menaati segala peraturan yang ada agar mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan!

Cek Paket Tour Labuan Bajo Untukmu di sini.

Paket Tour Labuan Bajo

Leave a comment

Newsletter subscribe