May 29, 2020 2 min to read

CARA MUDAH LAKUKAN RELAKSASI DI RUMAH

Category : Uncategorized

Mewabahnya COVID-19 memang mengharuskan kita untuk #DiRumahAja hingga berbulan-bulan lamanya. Belum lagi diberlakukannya work from home atau bekerja dari rumah dengan ruang gerak yang terbatas, situasi dan kondisi tersebut jelas menimbulkan rasa bosan hingga stres yang menghadang. Tahu tidak, Vrens? menyempatkan sedikit waktu untuk relaksasi setiap hari nya sangat penting lho untuk kesehatan jiwa dan pikiran setelah penat seharian beraktivitas. Karena jiwa yang sehat juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan jasmani kita. Meski #DiRumahAja, kamu tetap bisa melakukan beberapa cara mudah dan sederhana ini untuk melakukan relaksasi.

1. Mengatur Pernapasan

Cobalah untuk berbaring di atas kasur atau sofa, lemaskan semua bagian tubuh, pejamkan mata, mulai tarik napas sedalam-dalamnya dan buang secara perlahan. Mungkin kelihatannya sepele, namun mengatur pernapasan bisa menurunkan efek berbahaya dari hormon stres kortisol pada tubuh serta membantu tubuh merasa lebih rileks. Kamu bisa mengulanginya maksimal selama 5 menit.

2. Nyalakan lilin aromaterapi

Aroma dari lilin aromaterapi sangat efektif dalam menghadirkan atmosfir yang menenangkan untuk tubuh dan pikiran. Kamu bisa menyalakan lilin dengan aroma favorit. Jika tidak memiliki lilin aromaterapi di rumah, Vrens bisa menggantinya dengan essential oil atau jenis wewangian lain dengan aroma yang calm dan tidak menyengat.

3. Minum teh herbal

Kadar kafein teh jauh lebih rendah dibandingkan dengan kopi, sehingga dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Buatlah secangkir teh hijau atau teh gingseng hangat yang kaya akan antioksidan. Jika tidak memiliki keduanya, kamu bisa menggunakan teh celup biasa yang ada di rumah.

4. Dengarkan musik yang menenangkan

Musik dapat mempengaruhi mood yang mendengarkan. Pilihlah musik yang dapat menenangkan pikiran seperti musik klasik, jazz, instrumental atau bahkan lagu favoritmu. Hindari memasang musik dengan beat cepat dan musik yang menghentak.

5. Mandi dengan air hangat

Menurut seorang psikolog klinis, mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur dapat menurunkan gelombang theta. Gelombang tersebut berkaitan erat dengan kondisi mental yang tak stabil akibat stres. Mandi air hangat juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

6. Hindari melihat gadget

Melihat gadget secara terus menerus jelas tidak membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks. Apalagi setelah seharian bekerja menggunakan laptop/komputer dan juga smartphone, mata akan lebih lelah dan kadang menimbulkan sakit kepala. Kamu bisa menggantinya dengan membaca buku, majalah, atau melakukan hal lain yang tidak memerlukan alat elektronik. Simpan dahulu gadget mu dan matikan notification yang mungkin dapat mengganggu.

7. Istirahat yang cukup

6-8 jam adalah waktu tidur per hari, yang disarankan untuk orang dewasa. Jika kamu beristirahat kurang dari itu, akan sangat memengaruhi kondisi fisik dan kesehatan. Biar bagaimanapun, tubuh pasti akan memerlukan waktu untuk tidur sebagai media relaksasi. Jangan bekerja atau melakukan aktivitas hingga melewati batas kemampuan tubuh kita. Karena kesehatan jauh lebih penting dari apapun.

Leave a comment

Newsletter subscribe