January 31, 2019 2 min to read

Ini Lho 5 Candi di Jawa Tengah Selain Candi Borobudur, Recommended Banget!

Category : Destination, Holiday

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sejarahnya. Di Indonesia, banyak peninggalan masa lampau yang masih dijaga kelestariannya, salah satunya adalah candi. Candi merupakan tempat ibadah umat Budha dan Hindu. Kalau ditanya ada berapa banyak candi di Indonesia, mungkin tidak terhitung. Salah satu wilayah yang terdapat banyak candi adalah Jawa Tengah. Selain mempunyai sejarah, candi yang berada di Jawa Tengah ini mempunyai bangunan yang indah untuk dilihat. Namun Candi Borobudur masih menjadi favorit para wisatawan. Padahal, masih banyak candi yang tak kalah bagusnya yang berada di Jawa Tengah. Kami akan mengulas keberadaan candi yang ada di Jawa Tengah selain candi Borobudur.

Candi Sukuh

Candi Suku terletak di lereng Gunung Lawu, di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Diperkirakan, Candi Sukuh sudah berdiri pada tahun 1815 pada pemerintahan Britania Raya dan ditemukan oleh Jonson, Residen Surakarta. Bentuk Candi Sukuh sangat mirip dengan bangunan piramida suku maya yang ada di Meksiko atau piramida yang ada di Mesir. Selain itu, bangunan candi ini bertemakan tentang kesederhanaan. Di Candi Sukuh juga terdapat dua patung, pertama adalah patung garuda yang menceritakan tentang pencarian air kehidupan, dan patung kura-kura yang melambangkan bumi dan Dewa Wisnu.

Candi Mendut

Candi Mendut didirikan pada pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syalendra. Candi ini berada di Jalan Mayor Kusen, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa tengah, dan terletak di sebuah basement yang tinggi. Letak candi ini tidak terlalu jauh dengan candi Borobudur kurang lebih sekitar 3 kilometer dari candi terbesar di dunia itu. Candi Mendut terbuat dari batu bata yang ditutupi oleh dengan batu alam. Di dalam, kamu akan diperlihatkan oleh hiasan dengan ukiran gambar makhluk kayangan Dewata Gandarwa, bidadari, seekor garuda, dan dua ekor kera. Selain itu, di sini terdapat tiga archa Budha.

Candi Sewu

Candi Sewu, merupakan candi tertua Budha. Berlokasi di Sleman, Candi ini lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tak sesuai namanya, sewu yang artinya seribu, ternyata candi ini hanya memiliki sekitar 249 bangunan. Jika kamu memasuki candi, Kamu akan menemui arca Dwarapala (patung penjaga) yang berukuran kurang lebih 2,3 meter di setiap pintu masuk. Selain mengunjungi candi, kamu juga bisa beraktivitas lainnya seperti bersepeda, belajar sejarah, hingga menikmati sunset di sore hari.

Candi Dieng

Selanjutnya, candi yang ada di Jawa Tengah ialah candi Dieng. Candi ini merupakan candi peninggalan kerajaan Hindu. Candi ini berada di Wonosobo, Jawa Tengah, keberadaan candi Dieng terletak di bawah kaki pegunungan Dieng yang ketinggiannya mencapai 200 mdpl. Usul punya usul, candi ini merupakan candi tertua di Jawa yang dibangun sekitar abad 7 sampai abad 9 Masehi.

Candi Cetho

Di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gumeang, Kabupaten Karanganyar, terdapat candi bernama candi Cetho. Candi ini terletak perkebunan teh kemuning yang berada di ketinggian 1.496 mdpl, jadi udara di sini cukup sejuk dan membuat nyaman para pengunjung. Candi Cetho adalah sebuah candi Hindu yang sampai sekarang masih aktif dipergunakan untuk beribadah bekas peninggalan kerajaan Majapahit. Diperkirakan, candi ini dibangun pada abad ke-15. Uniknya, jika kamu berkunjung ke candi ini, kamu diwajibkan memakai kain poleng khas Bali.

Demikian ulasan candi yang berada di Jawa tengah. Bener kan, selain candi Borobudur, Jawa Tengah masih memiliki banyak candi yang bagus. Nah candi di atas recommended banget untuk dikunjungi jika kamu berkunjung ke Jawa Tengah. Berminat untuk mengunjungi candi-candi tersebut? Jangan lupa pesan kebutuhan liburanmu melalui via.com, banyak promo menarik yang ditawarkan, jadi buruan! Jangan sampai kehabisan. klik link di bawah ini untuk melihat promo.

Klik Disini Untuk Lihat Promo

 

Leave a comment

Newsletter subscribe