March 27, 2019 3 min to read

Berlibur ke Brunei Darussalam? Kunjungi 7 Destinasi Menarik ini!

Category : Destination, Holiday

Brunei Darussalam merupakan negara kecil yang terletak di pulau Kalimantan bagian utara. Walau luas Brunei terbilang kecil, namun negara satu ini memiliki kekayaan alam yang melimpah hasil dari minyak dan gas bumi yang dimilikinya. Brunei memiliki sejarah panjang mengenai kebudayaan dari kesultanan yang kental dengan ajaran Islam. Maka tak heran, Negara Brunei selalu ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran akan sejarah tersebut. Bagi kamu yang bingung mau pergi berlibur ke mana, berikut Via akan berikan refrensi mengenai destinasi yang ada di Brunei Darussalam.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Tempat pertama yang harus kamu kunjungi adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Masjid ini terletak di tepi sungai Brunei. Bisa dibilang, Masjid Sultan Omar ini merupakan landmark dari negara Brunei Darussalam karena mempunyai bangunan yang kokoh dan megah. Kemegahan masjid ini bertambah dengan kubanya yang terbuat dari emas murni. Masjid Sultan Omar selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, dianjurkan untuk datang pada malam hari. Karena pada malam hari masjid ini akan berkilau dengan cahaya lampu yang indah.

Kampong Ayer

Kampong ayer merupakan sebuah desa yang dibangun di atas panggung yang terletak di atas Sungai Brunei. Kampong Ayer ini dikenal dengan desa air terbesar di dunia, lho. Walau hidup di atas air, namun desa ini memiliki fasilitas yang memadai seperti sekolah, layanan darurat, satelit hingga WiFi bisa kamu temui di sini. Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, silakan untuk menaiki kendaraan taksi air dari Bandar Seri Begawan.

Proboscis Monkey Safari River

Pernah melihat Proboscis Monkey? Jika belum, silakan datang ke Probocis Monkey Safari River. Taman safari ini terletak di Bandar Seri Begawan. Hewan yang memiliki hidung panjang berwarna merah ini adalah hewan khas dari Brunei Darussalam. Jika kamu tertarik berkunjung ke sini, silakan datang di jam 07.30 sampai 15.00 waktu setempat.

Taman Nasional Ulu Temburong

Tempat selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Nasional Ulu Temburong. Taman ini menawarkan hutan tropis yang menyegarkan. Salah satu wahana terkenal di Taman ini adalah Canopy Walkway yang mempunyai ketinggian kurang lebih 60 meter yang membuat kamu bisa menikmati keindahan taman Ulu Temburong ini. Taman nasional ini juga memiliki air terjun yang indah dan beberapa restoran untuk melepas lelah. Letak taman yang terpisah dengan daratan Brunei, maka disarankan untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini datang pada musim kemarau. Karena jika datang disaat musim penghujan, perjalanan kamu ke lokasi bisa terganggu.

Foto: Sutera.co

Tasek Lama Recreational Park

Tasek Lama Recreational Park terletak di Bandar Sri Begawan. Letaknya yang berada di perkotaan, membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Di taman ini, terdapat air terjun yang indah dan tempat menjelajah alam yang seru. Jika mengunjungi tempat ini, kamu bisa menikmati hutan yang asri, melihat air terjun yang indah, atau hanya sekedar berfoto di spot yang menarik. Air terjun Tasek Lama memang tidak diragukan lagi keindahannya. Namun, keindahan itu akan bertambah jika kamu berkunjung ke tempat ini setelah hujan, karena air dari air terjun mengalir cukup deras sehingga bagus untuk kamu abadikan.

Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

Brunei dikenal dengan kebudayaan Islam yang sangat kental. Sehingga terdapat banyak masjid di Brunei. Salah satu masjid yang wajib kamu kunjungi ialah Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah. Masjid ini memiliki bangunan yang kokoh sehingga tak heran kalau masjid yang memiliki kuba emas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Suasana masjid sangat teduh, karena dikelilingi oleh taman hijau dan kolam. Letak masjid ini tidak sulit karena berada di pusat kota.

Pasar Gadong

Untuk kamu yang memiliki hobi berwisata kuliner, Pasar Gadong adalah tempat yang tepat bagi kamu saat sedang di Brunei. Terdapat banyak makanan khas Brunei yang bisa kamu nikmati. Tenang, bagi kamu yang sedang irit, makanan di sini tergolong murah, kok. Selain berwisata kuliner, kamu juga bisa membeli oleh-oleh di Pasar Gandong ini. Tersedia pernak-pernik khas lokal yang patut kamu bawa pulang ke Indonesia.

Menarik bukan destinasi yang ada di Brunei Darussalam? Nah bagi kamu yang tertarik berkunjung ke Brunei, silakan rencanakan perjalananmu bersama orang terdekat. Kunjungi tempat menarik di sana dan jadikan perjalanan kamu sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Leave a comment

Newsletter subscribe