August 10, 2018 3 min to read

Berkunjung ke Pameran Seni, Patuhi 5 Aturan Ini!

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Berkunjung ke pameran seni bisa menjadi alternatif rekreasi bagi Anda. Pasalnya, selain bisa menghilangkan penat akibat kesibukan sehari-hari, berkunjung ke pameran seni juga bisa mengasah sisi artistik dan menambah wawasan Anda tentang tren seni yang sedang populer. Salah satu pameran seni populer di Jakarta yang sedang banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat, terutama millenial, adalah Museum MACAN yang saat ini sedang bekerjasama dengan seniman kontemporer terkenal dari Jepang yaitu Yayoi Kusama. Mengusung tema “Life is The Heart of Rainbow”, pameran seni ini selalu penuh pengunjung dengan berbagai macam tujuan, mulai dari menikmati karya seni nya hingga berswafoto dengan latar yang “instagrammable’. Untuk mengunjungi pameran-pameran seni seperti ini, kamu perlu tahu bahwa ada peraturan-peraturan yang harus di patuhi.

 

Dengan mematuhi peraturan tersebut, kunjungan Anda tidak hanya akan menjadi lebih menyenangkan. Anda pun akan membuat pengunjung lainnya merasa nyaman berada di sekitar Anda. Berikut adalah lima peraturan yang mesti Anda patuhi saat berkunjung ke pameran seni.

 

Jangan Sentuh Karya

Peraturan pertama yang mesti Anda patuhi saat mengunjungi pameran seni adalah tidak menyentuh karya yang dipamerkan. Dengan tidak menyentuhnya, maka Anda telah turut menjaga sebuah karya seni terhindar dari kerusakan. Karya seni hanya boleh disentuh jika memang dirancang sebagai karya interaktif.

Untuk hal yang kedua ini, seniman biasanya sudah memperhitungkan berbagai hal, termasuk menggunakan material yang tidak mudah rusak dan lain-lain. Dalam hal ini, biasanya panitia pameran memasang tanda di dekat karya untuk memberitahu pengunjung apakah karya seni yang bersangkutan boleh disentuh atau tidak.

 

Jangan Memotret Menggunakan Lampu Kilat

Peraturan kedua yang mesti Anda patuhi saat mengunjungi pameran seni adalah tidak memotret menggunakan lampu kilat. Karya seni dengan bentuk dan komposisi yang menarik kadang mengundang keinginan kita untuk mengabadikannya menggunakan kamera ponsel. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak boleh menggunakan lampu kilat saat memotretnya.

Pasalnya, cahaya lampu kilat secara tidak langsung dapat mengurangi kualitas karya seni. Dalam konteks sebuah karya lukisan, lampu kilat kamera akan mempengaruhi degradasi warna lukisan. Maka dari itu, jika tertarik untuk mengabadikan sebuah karya seni, jangan lupa matikan lampu kilat di kamera ponselmu terlebih dahulu.

 

Jangan Berdiri Melebihi Garis Pembatas

Peraturan ketiga yang mesti Anda patuhi saat mengunjungi pameran seni adalah tidak berdiri melebihi garis pembatas. Pada setiap karya seni yang dipamerkan biasanya dipasang garis pembatas. Garis pembatas ini berfungsi untuk memastikan supaya karya seni tetap aman. Dalam menikmati sebuah karya seni, Anda sebaiknya tidak melewati garis pembatas yang ditentukan. Jangan sampai kecerobohan Anda membahayakan sebuah karya seni.

 

Titipkan Tas Anda

Peraturan keempat yang mesti Anda patuhi saat mengunjungi pameran seni adalah selalu menitipkan tas. Dalam setiap pameran seni biasanya disediakan tempat penitipan tas di meja registrasi. Anda sebaiknya menitipkan tas yang Anda bawa di sana, apalagi jika tas tersebut berupa ransel yang berukuran cukup besar. Anda pun bisa lebih leluasa mengeksplorasi seluruh ruang pameran tanpa harus direpotkan dengan tas yang menempel di panggung Anda.

 

Utamakan Memahami Makna Karya Seni

Peraturan kelima yang mesti Anda patuhi saat mengunjungi pameran seni adalah mengutamakan memahami makna karya seni. Alih-alih hanya berswafoto di depan karya seni atau memfoto karya tersebut, Anda sebaiknya juga memahami makna karya seni yang dipamerkan.

Anda bisa memperoleh informasi tentang karya-karya tersebut dari brosur yang disediakan di meja informasi atau dari deskripsi yang terpasang di setiap karya. Jika sang seniman hadir di area pameran, sempatkanlah untuk berinteraksi dengannya. Adalah kesempatan langka bisa memaknai karya seni mereka berdasarkan sudut pandang sang seniman.

Itulah lima peraturan yang mesti Anda patuhi saat mengunjungi pameran seni, supaya kunjungan kamu jadi lebih menyenangkan. Mau berkunjung ke Museum Macan X Yayoi Kusama di Jakarta? Cari hotel terdekat di Jakarta dengan harga terbaik di via.id! Ada kabar baik juga nih, dalam rangka menyambut pesta olahraga terbesar di Asia tahun ini, via.id memberikan promo hotelĀ Asian Games 2018 untuk hotel Jakarta dan Palembang! Bisa mampir ke pameran seni kece di Jakarta, mendukung atlit Asian Games favorit kamu, hingga staycation seru di hotel terbaik di Jakarta! Tunggu apa lagi, yuk segera cari hotel di Jakarta melalui via.id, your travel partner!

 

 

Cari Promo Hotel Jakarta!

 

Leave a comment

Newsletter subscribe