February 26, 2022 2 min to read

Bangunan Ikonik dan Historis di Riga-Latvia

Category : Uncategorized

Apakah Via Vrens kenal dengan Kota Riga? Kota yang merupakan ibu kota negara Latvia ini nyatanya dapat menjadi destinasi wisata yang menarik. Riga merupakan kota terbesar di kawasan Baltik, baik dari segi wilayah maupun populasi. Kota ini pun layak menjadi destinasi wisata dengan kawasan dan bangunan-bangunan klasik nan ikoniknya. Bahkan, di kota ini ada bangunan yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO!

Kalau kamu penasaran dan mau liburan seru ke Baltik sekaligus singgah di Riga, setidaknya ada 7 bangunan khas yang boleh kamu kunjungi. Ini dia bangunan ikonik dan historis di Riga, Latvia!

 

  1. Riga Castle

Riga punya bangunan bekas kastil atau istana zaman kerajaan dahulu kala yang kini menjadi monumen dan bangunan klasik. Kastil ini berada di dekat Sungai Dugava yang cantik. Kastil Riga yang besar nan megah dibangun pada tahun 1330 dan menjadi tempat tinggal raja. Hingga kini, Kastil Riga masih berfungsi sebagai tempat tinggal Pemimpin Negara Latvia.

 

  1. Riga Central Market

Vrens, salah satu pasar rakyat dan bazaar terbesar di Eropa ada di Riga, lho. Tempat itu dikenal dengan Riga Central Market atau dalam bahasa Latvia disebut ‘Rigas Centraltigrus’.  Area pasar ini diliputi dengan bangunan unik dan diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

 

  1. St. Peter’s Church

Dengan penduduknya yang bermayoritas memeluk agama Kristen sejak zaman dahulu, Latvia pun memiliki bangunan-bangunan gereja klasik. Salah satunya ada di Riga, yakni St. Peter’s Church. Menurut catatan sejarah, bangunan gereja ini telah berdiri sejak abad ke-13. Gereja ini mengusung desain gothic yang membuatnya terlihat sangat klasik dan khas.

 

  1. Art Noeveau District

Kalau kamu penasaran dengan kawasan klasik dipenuhi dengan bangunan artistik, ini jawabannya. Kawasan andalan di Riga yang merupakan Warisan Dunia UNESCO ini bernama Art Nouveau District. Dinamai demikian karena bangunan-bangunan di kawasan ini mengusung gaya Art Nouveau yang menekankan pada sentuhan seni tingkat tinggi. Terbayang betapa indahnya kawasan ini, Vrens?

 

  1. Three Brothers

Kota Riga juga punya tiga bangunan yang berdekatan. Bentuknya sebagai suatu kesatuan sangat unik dan menjadi atraksi yang tak boleh dilewatkan wisatawan. Ketiganya disebut dengan Three Brothers dan konon katanya bangunan-bangunan itu merupakan bangunan tempat tinggal tertua yang ada di Riga. Bangunan itu turut menjadi saksi sejarah kelahiran Kota Riga dan perkembangannya hingga kini. Sekarang, Three Brothers dijadikan museum arsitektur negara Latvia.

 

  1. Latvian Pulvertonis “The Powder Tower”

Pulvertonis sejatinya diambil dari bahasa Latvia yang apabila diartikan menjadi “The Powder Tower”. Bangunan ini dahulu merupakan menara pertahanan negara Latvia. Dahulu, menara ini dikenal dengan Menara Pasir atau Sand Tower karena letaknya yang berhadapan dengan bukit pasir. Kini Pulvertonis dijadikan museum angkatan perang negara Latvia.

 

  1. House of The Blackheads

Bangunan ikonik terakhir yang perlu kamu kunjungi kalau berwisata ke Riga adalah House of The Blackheads. Bangunan cantik serta ikonik ini terletak di kawasan Kota Tua Riga dan ikut menjadi saksi sejarah. Perlu diketahui, bangunan ini dahulu didedikasikan untuk Brotherhood of Blackheads atau serikat pekerja di Latvia yang belum menikah. Tetap saja, Vrens, bangunan ini memiliki gaya arsitektur yang dipadukan dengan sentuhan seni yang khas. Kini, House of The Blackheads telah menjadi museum yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

 

Cek update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Leave a comment

Newsletter subscribe