March 31, 2021 1 min to read

Apa Bedanya Pulau Komodo dan Pulau Rinca?

Category : Destination, Holiday

Ada yang bilang lebih banyak komodo di Pulau Komodo dibandingkan dengan Pulau Rinca. Atau, di Pulau Rinca pemandangannya lebih bagus dibanding dengan Pulau Komodo. Jadi menurut kamu mana yang benar?

Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, NTT memiliki beberapa pulau. Dua yang paling terkenal dalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, yang dihuni penduduk dan juga menjadi habitat dari Komodo. Dua pulau ini posisinya juga tidak berjauhan.

Perbedaan yang jelas terlihat ada pada kondisi geografis kedua pulau tersebut. Di Pulau Komodo lebih terdapat banyak hutan. Sedangkan di Pulau Rinca lebih banyak terdapat padang savanah, kondisi ini disebabkan karna cuaca di Pulau Rinca lebih panas dibandingkan dengan di Pulau Komodo.

Kontur geografis yang berbeda itu, ternyata ikut mempengaruhi Komodo. Hewan purba di Pulau Rinca lebih bersifat agresif dibanding di Pulau Komodo. Karna Pulau Rinca sendiri didominasi dengan padang savanah maka dari itu cuaca panas di Pulau Rinca sangat berpengaruh dengan sifat hewan purba ini.

Cuaca yang panas juga membuat hewan buruan Komodo seperti rusa lebih sedikit jumlahnya dibanding di Pulau Komodo. Karna jumlah buruan yang sedikit maka ukuran tubuh komodo di Pulau Rinca lebih kecil dibandingkan dengan di Pulau Komodo. Di Pulau Komodo ukuran tubuh Komodo lebih besar dan terlihat lebih gagah serta lebih mudah ditemui.

Kedua pulau tersebut, Pulau Rinca dan Pulau Komodo memang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nah, menurut kamu enaknya pergi kemana? Pulau Rinca? atau Pulau Komodo? Kalau kamu bingung Via punya solusinya. Saat ini di Via lagi ada Paket Trip to Labuan Bajo. Kamu bisa kunjungi website via untuk tau lebih jelasnya. Klik link dibawah ini.

 

 

www.via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe