June 23, 2022 2 min to read

6 Khasiat Traveling untuk Kesehatan Mental

Category : Travel Tips

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari traveling. Tak hanya memberikan pengalaman baru, jalan-jalan ke destinasi yang cantik dengan berbagai kegiatan seru juga akan memberikan dampak positif buatmu, Vrens. Traveling pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mentalmu, lho!

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Vrens, ini dia 6 khasiat traveling untuk kesehatan mental yang perlu diketahui dan bisa bikin kamu makin mau jalan-jalan!

  1. Alami pengalaman seru yang bikin kebahagiaan meningkat

Yang satu ini pastinya sudah kamu sadari, Vrens. Bannyak penelitian membuktikan kalau traveling lebih membuat bahagia ketimbang membeli barang-barang, lho. Pengalaman-pengalaman mengesankan yang kita alami nyatanya dapat terkenang sepanjang hidup.

Memori itu tentunya akan menyisakan ruang tersendiri yang dapat kita ceritakan kepada siapa pun hingga tua nanti. Sambil berbagi, kita pun dapat terus berbahagia dengan mengingatnya dan bersyukur karena pernah mengalami momen yang seru.

  1. Banyak berjalan dan berjelajah bisa menstimulus otak

Kalau sedang jalan-jalan ke destinasi yang jauh dari rumah, seperti ke luar kota atau ke luar negeri, biasanya kita lebih banyak berjalan dari satu spot ke spot lainnya. Entah untuk menghemat biaya atau memang untuk menjelajah, jalan kaki banyak manfaatnya. Banyak berjalan ke tempat-tempat seru selama traveling akan memberikan asupan bagi neuron atau sel otak. Kita pun akan lebih merasa senang meskipun sedikit lelah!

Selain itu, banyak berjalan juga dapat membantu kita mencegah timbulnya demensia. Banyak mengunjungi, melihat, dan merasakan keseruan di tempat-tempat baru juga akan merangsang otak agar banyak bekerja. Dengan begitu, kinerjanya akan semakin meningkat.

 

  1. Mempelajari banyak hal baru yang tingkatkan daya ingat

The more you learn, the better you learn. Dengan berjalan-jalan ke destinasi yang baru, kita akan melihat dan mempelajari banyak hal. Proses ini akan membuat memori dan kemampuan kognitif kita semakin terbiasa dan dapat bekerja lebih cepat.

Banyak hal yang dapat kita pelajari selama traveling. Pertama, kita bisa mempelajari suatu budaya yang akan membuat kita lebih memahami kehidupan dan keberagaman yang ada. Kedua, kita bisa mengetahui suatu sejarah penting di suatu tempat. Terakhir, kita juga bisa mempelajari bahasa daerah yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan penduduk lokal.

  1. Traveling bareng orang-orang terkasih bisa buat hubungan lebih berharga

Buat kamu yang sering traveling dengan orang-orang terkasih—baik bersama pasangan, teman, maupun keluarga—kamu pasti merasakan hubungan yang lebih terjaga. Buat kamu yang belum pernah, cobalah jalan-jalan bersama orang yang berharga dalam hidupmu.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Keindahan destinasi dan pengalaman yang dirasakan bersama partner perjalanan selama traveling dijamin akan menjadi kenangan manis. Kita pun jadi lebih bisa mengenal mereka, begitu juga sebaliknya.

  1. Keluar dari rutinitas dan perbaiki produktivitas

Lari sejenak dari rutinitas dan tuntutan nyatanya dapat menyegarkan raga dan pikiran kita. Ketika mengeksplorasi tempat baru, ada baiknya pikiran kita benar-benar terlepas dari pekerjaan atau hal yang memberatkan lainnya. Kita akan bisa mencegah timbulnya stres dan lebih berbahagia ketika traveling dengan mengatur pola pikir yang demikian.

Rasakan pengalaman berharga atau sesederhana melihat pemandangan-pemandangan alam yang indah. Rekam dalam ingatanmu dan nikmati momen yang sedang terjadi. Dengan begitu, kamu akan lebih segar dan siap untuk kembali melakukan rutinitas sepulangnya dari traveling.

  1. Lebih banyak melihat keindahan alam ketimbang layar gadget mampu menyegarkan raga

Biasanya, saat sedang jalan-jalan kita akan lebih sering menggunakan gadget—kecuali untuk memotret atau merekam video. Nikmatnya melihat kecantikan alam, pedesaan, atau kota lain sekalipun akan menyegarkan raga kita.

Setelahnya, kita pun mungkin bisa terbiasa tidak terlalu sering menggunakan gadget. Kita lebih bisa menghargai apa yang ada di sekitar kita dengan mengagumi dan mengamatinya secara langsung. Tinggalkan sejenak dunia yang maya dan rasakan langsung keindahan yang ada.

Yuk, jalan-jalan lagi! Cek info dan promo terbaru dari Via dengan klik di sini.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe