May 26, 2020 2 min to read

6 HIDANGAN KHAS LEBARAN DARI BERBAGAI NEGARA YANG HARUS KAMU COBA!

Category : Uncategorized

Vrens, beberapa hari lalu umat muslim di seluruh dunia telah merayakan hari kemenangan dengan penuh suka cita. Saat lebaran, umumnya masyarakat Indonesia akan makan bersama dengan menyantap hidangan seperti ketupat, opor ayam, rendang dan kue-kue kering lainnya. Namun, pernahkan kamu membayangkan seperti apa makanan lebaran di negara lain? Apakah mereka juga menyantap ketupat seperti di Indonesia? Yuk, simak info 6 hidangan khas lebaran yang tak biasa di berbagai negara, yang sudah Via rangkum seperti di bawah ini!

1. Kahk (Mesir)

Seperti di Indonesia, Mesir juga memiliki kue kering khas yang wajib hadir saat hari lebaran. Telah ada sejak 1540 sebelum masehi, Kahk biasanya akan disantap oleh warga Mesir saat pagi hari ditemani segelas susu atau teh hangat. Kahk adalah kue rendah kalori yang berisi kacang-kacangan dan ditaburi gula.

2. Bolani (Afghanistan)

Perayaan Idul Fitri di Afghanistan identik dengan perayaan khusus yang ditujukan untuk anak-anak. Salah satu hidangan khas yang selalu ada saat lebaran adalah Bolani. Bolani, roti lapis dengan isian bayam, kentang, dan labu merupakan sajian gurih yang menyehatkan bagi keluarga khususnya anak-anak. Bolani biasa disajikan dengan yoghurt.

3. Seviyan Kheer (India, Pakistan, Bangladesh)

Kurma memang menjadi salah satu buah favorit saat ramadan hingga lebaran. Di India, Pakistan dan Bangladesh, saat lebaran masyarakat akan menyajikan hidangan khas bernama Seviyan Kheer atau biasa disebut Sheer Kurma. Sheer Kurma yang memiliki artian buah kurma dengan susu adalah hidangan yang terbuat dari bihun (seviyan) yang disiram oleh kuah susu kemudian ditaburi kurma kering serta tambahan topping lainnya seperti kacang almond.

4. Manti (Rusia)

Manti adalah hidangan khas Rusia, sejenis pangsit dengan isian daging sapi atau domba ini akan disajikan hangat dengan tambahan saus khas dan disantap setelah sholat Idul Fitri bersama keluarga di rumah.

5. Meloui (Maroko)

Negara Maroko juga mempunyai makanan lezat khas lebaran. Meloui, adalah pancake khas Maroko yang selalu hadir saat hari raya Idul Fitri tiba. Meloui biasa disantap dengan sirup manis yang terbuat dari campuran madu dan mentega.

6. La Mian (China)

Terakhir ada La Mian. La Mian memang sudah dikenal sebagai salah satu hidangan mie yang lezat, namun tidak banyak yang tahu bahwa La Mian adalah santapan khas saat lebaran di China. La Mian adalah mie dari tepung terigu yang dibuat menggunakan tangan. Mie ini kemudian diberi kuah atau sup kental yang pedas, dengan isian tahu putih, sayur dan daging.

 

Itulah beberapa hidangan khas yang biasa disajikan oleh keluarga di berbagai negara saat hari raya lebaran tiba. Mulai dari makanan manis hingga gurih tersedia dengan keunikannya masing-masing. Hmm.. terlihat sangat menarik dan lezat ya! Kalau diberi kesempatan, Vrens ingin mencicipi yang mana?

Leave a comment

Newsletter subscribe