October 13, 2023 2 min to read

5 Tips yang Bisa Bikin Kamu Traveling Bertanggung Jawab

Category : Travel Hacks, Travel Tips

Vrens, tentu kamu masih ingat kasus kebakaran hutan di kawasan Gunung Bromo pada beberapa waktu lalu. Kasus serius ini terjadi akibat kelalaian kala menikmati keindahan alam area pegunungan ini. Kejadian ini harusnya menjadi pengingat kuat buat traveler sejati sepertimu untuk jadi pelancong yang bertanggung jawab.

Cek dan Pesan Penerbangan ke DUBAI Sekarang Juga di Sini!

Untuk hindari hal-hal yang gak diinginkan saat sedang traveling dan jadi pelancong yang cinta linkungan, simak 5 tips berikut!

  1. Kurangi Penggunaan Plastik

Penggunaan plastik adalah salah satu penyumbang terbesar sampah di destinasi wisata. Bawa botol minum sendiri untuk mengurangi sampah dan membiasakan dirimu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Gunakan juga tas belanja kain yang praktis dan kini bisa kamu dapatkan di mana pun.

  1. Jangan Tinggalkan Sampah

Hal ini mungkin memang terdengar seperti sesuatu yang sudah seharusnya, Vrens. Tapi, ada kalanya juga kamu bingung harus buang sampah ke mana saat tak ada tempat penampungannya, kan? Ingat, Vrens, membuang sampah harus selalu pada tempatnya. Pastikan kamu membawa semua sampahmu dan membuangnya dengan benar. Sediakan wadah atau tas khusus untuk mengemas sampahmu jika di tujuan tidak disediakan tempat pembuangan sampah.

Ada Beragam Paket Liburan Seru ke DUBAI di Sini (Akses lewat PC/Laptop)

  1. Hindari Kebakaran Hutan

Kasus kebakaran hutan seperti yang terjadi di Gunung Bromo adalah dampak serius dari kelalaian. Dengan niat ingin menciptakan foto dengan suasana estetik, hasilnya malah merusak alam. Untuk itu, pastikan dirimu untuk mengikuti aturan dan larangan yang berlaku, seperti tidak merokok di area terlarang dan tidak menyalakan api untuk tujuan apa pun di kawasan yang tidak aman. Saat berkemah pun Via Vrens harus memadamkan api dengan benar saat berkemah.

  1. Gunakan Transportasi Publik

Selalu pertimbangkan penggunaan transportasi umum saat bepergian. Tidak hanya dari kotamu ke kota destinasi, tapi juga setibanya di sana. Bahkan, kamu bisa memilih berjalan kaki menikmati suasana yang unik jika jaraknya masih terjangkau. Hal ini membantu mengurangi emisi karbon dan tekanan pada lingkungan.

  1. Pilih Penginapan Ramah Lingkungan

Banyak penginapan sekarang mengadopsi praktik ramah lingkungan. Misalnya, penggunaan listrik yang lebih efisien, produk-produk yang lebih ramah lingkungan, dan pengurangan penggunaan produk dengan plastik. Pilih penginapan yang memiliki sertifikat ramah lingkungan atau memiliki kebijakan yang mendukung lingkungan.

Vrens, udah waktunya jadi traveler yang bertanggung jawab! Sambil rencanakan petualangan seru, jangan lupakan tanggung jawab terhadap lingkungan, ya. Setiap langkah kecil yang kamu ambil bisa membuat perbedaan besar, lho.

Cek update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe